Koperasi Rosela Tumbuh Berseri Gelar Sosialisasi Bagi PKL Swadarma

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

PKL Swadarma mengikuti sosialisasi dari Koperasi Rosela Tumbuh Berseri. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pedagang kaki lima (PKL) kantin Swadarma mendapatkan sosialisasi terkait Koperasi Rosela Tumbuh Berseri meliputi peraturan dari pihak pengelola, termasuk hak dan kewajiban pedagang, di Gedung Sejahtera di Hari Tua, Jalan H. Abdul Jalil, RT 10/RW 09, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (21/11).

Koperasi Rosela Tumbuh Berseri merupakan koperasi yang dibentuk dari implementasi program PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat.  

Ketua Koperasi Rosela Tumbuh Berseri Ucu Jamilah menjelaskan, sebelumnya para pedagang tersebut berdagang di bahu jalan kemudian dipindahkan menempati tempat yang sekarang lebih nyaman.

"Sebanyak 74 pedagang ini telah  masukan di Koperasi Rosela Tumbuh Berseri. Kita tadi menjelaskan terkait peraturan dari pihak pengelola, termasuk hak dan kewajiban pedagang dalam berdagang di kantin Swadarma," katanya, didampingi Kabag Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Pusat Yassin Pasaribu.

Selain sosialisasi, lanjut Ucu, para PKL juga akan mendapat pembekalan mengenai menu yang baik dan bersih sehingga, dapat menarik pembeli lebih banyak.

"Nantinya, kita juga akan mengadakan pelatihan menu yang baik dan higienis dan bagaimana cara pengelolaan sampah yang baik," ucapnya.

Ucu juga berharap tempat ini menjadi percontohan PKL yang tertata dengan baik serta dapat meningkatkan kesejahteraan para PKL dengan adanya Koperasi Rosela Tumbuh Berseri.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Pusat Yassin Pasaribu mengatakan, nantinya kios akan diundi kepada 74 PKL yang telah terdata pada hari Kamis (23/11). "Nanti kita undi pada hari kamis. Kios ini bisa dimanfaatkan selama 10 tahun," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI) dalam pembangunan Gedung dengan fasilitas 4 lantai ini. Pembangunan tersebut telah berlangsung sejak Oktober 2022 lalu.