KPKP Jakpus Bersama Duta Petani Milenial Panen 20 Kilo Pepaya California

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Panen buah Pepaya California. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Di kelilingi bangunan pencakar langit, terdapat Kelompok Tani Taruna Jaya yang memanfaatkan lahan kosong dengan ditanami tanaman produktif, dan membudidayakan ikan lele, di RT 08 RW 06, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kamis (9/2).

Semua yang ditanam di sini seperti, Pepaya California, terong, nangka, sawi, dan daun bawang tumbuh subur berkat tangan terampil dari Kelompok Tani Taruna Jaya yang dikelola Duta Petani Milenial didukung penuh perangkat RT dan RW di lingkungan.

Hari ini, Koordinator Duta Petani Milenial Wilayah DKI Ali Fadli bersama Kepala Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti melaksanakan panen buah Pepaya California.

Ali Fadli menjelaskan, lahan kosong ini telah dikelola untuk ditanami tanaman produktif sejak tahun 2016 lalu. Kini sudah ada sekitar 90 pohon pepaya.

"Menanam pohon Pepaya California sangat mudah, 7 sampai 8 bulan sudah bisa dipanen. Sekali panen bisa menghasilkan 15 sampai 20 kilo," katanya.

Selain pepaya, lanjut Ali, juga menanam sayur sawi, terong, nangka, dan daun bawang, serta membudidayakan ikan lele.

"Hasil dari panen pepaya kita jual satu buah pepaya dihargai 10 ribu. Sebagian kita berikan kepada warga kurang mampu di wilayah lingkungan sekitar sini saja. Sedangkan ikan lele per kilo dijual 25 ribu. Sebulan kita bisa memperoleh pemasukan 2 juta dari hasil penjualan buah, sayur, dan ikan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Rukun Warga 06 Zulharman Djusman menjelaskan, kegiatan penanaman pohon produktif ini merupakan salah satu yang akan diunggulkan dan dikembangkan di wilayah RW 06 Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, sebagai nilai tambah untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat, serta nilai tambah ekonomi masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti menambahkan, Duta Petani Milenial berisi anak muda yang mau bergiat di bidang pertanian, serta merupakan salah satu binaan KPKP.

"Saya mengapresiasi anak muda Duta Petani Milenial bisa menggerakkan kelompoknya dan bisa memberikan satu manfaat bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Untuk itu, kata Penty, pihaknya terus memberikan masukan, pendampingan, dan memonitor. Agar lebih meningkatkan budidaya sayur dan ikan. Tidak hanya itu saja, pengemasan juga pemasarannya difasilitasi.

"Semoga wilayah lain dapat mencontoh para anak muda di sini dengan memanfaatkan lingkungan yang tadinya tidak digunakan menjadi bermanfaat dengan menanam tanaman produktif," tandasnya.