KPU Lakukan Pendistribusian Awal dari Gudang ke Kecamatan se-Jakarta Pusat

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Penerimaan logistik Pemilu Tahun 2024. Foto: Maulana

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat melakukan penerimaan logistik Pemilu Tahun 2024 dan pendistribusian awal dari gudang kota ke kecamatan, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Tanah Abang, Jalan Mutiara Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (15/12).

Pada penerimaan logistik Pemilu Tahun 2024 dan pendistribusian awal dihadiri Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro, Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rachmat Hidayat, Camat Tanah Abang, dan jajaran terkait lainnya. 

Pada kesempatan ini, Dhany Sukma mengapresiasi kerja KPU Kota Jakarta Pusat yang sudah bekerja keras menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan pemilu sebelumnya.

Dhany juga menegaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat akan mendukung KPU Kota Jakarta Pusat dalam menjalankan kerjanya.

"Pemkot Administrasi Jakarta Pusat akan membantu mengkoordinasikan  ke seluruh unsur untuk sama-sama berkomitmen mendukung kelancaran pemilu," ucapnya. 

Menurut Dhany, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga telah mengantisipasi kekurangan ketersediaan tempat logistik pemilu dengan menggunakan dua kantor Kecamatan Kemayoran dan Johar Baru.

"Kebetulan kita memang masih mengandalkan GOR namun, juga kurang tempat logistik kita bisa menggunakan dua kantor kecamatan yaitu, Kemayoran dan Johar Baru. Untuk Johar Baru kita bisa menggunakan ruang aula sedangkan Kemayoran kita gunakan ruang pola di lantai 4 dan lantai 3," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua KPU Kota Jakarta Pusat Efniadiyansyah MS menerangkan bahwa ini merupakan distribusi awal dari gudang kota ke Kecamatan dan akan menyusul di kecamatan lainnya.

"Ini distribusi awal KPU Jakarta Pusat dari gudang kota ke kecamatan. Jadi ini prosesi pertama dan akan menyusul oleh kecamatan-kecamatan lainnya," terangnya. 

Dia menjelaskan, untuk kebutuhan logistik berupa bilik dan kotak suara di wilayah Kecamatan Tanah Abang  dibutuhkan sebanyak 1.992 dengan jumlah tujuh kelurahan.

Di tempat yang sama, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menambahkan, akan menggelar "Operasi Mantap Brata" ribuan personel kepolisian akan ditempatkan di berbagai wilayah di seluruh Indonesia dalam rangka pengamanan Operasi Mantap Brata. Para personel akan bertanggung jawab menjaga keamanan selama proses kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, dan tahapan-tahapan lainnya yang terkait dengan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

"Dalam pelaksanaannya, Operasi Mantap Brata 2023-2024 Polri juga akan bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu dan Pilkada serentak 2024," tandasnya.