Lomba Kinerja, Ketua TP PKK Jakpus Meninjau Pengelolaan RPTRA Taman Raning Benhil

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama pengelola RPTRA Raning. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Memasuki hari terakhir pelaksanaan verifikasi lapangan lomba kinerja RPTRA, Ketua TP PKK Jakarta Pusat Ucu Jamilah bersama tim penilai meninjau pengelolaan RPTRA Raning, Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil), Kecamatan Tanah Abang, Kamis (30/3).

Ucu menyampaikan, banyak aspek penilaian yang dilakukan, tapi yang terpenting fungsi RPTRA itu sesuai cita-cita awal yakni, sebagai tempat atau wadah untuk interaksi masyarakat, dari mulai ibu hamil, balita, lansia, dan yang lainnya.

Di Jakarta Pusat, lanjut Ucu, ada 8 RPTRA dari 50 RPTRA yang masuk dalam penilaian tingkat kota. Artinya, setiap kecamatan mengirimkan 1 perwakilan RPTRA.

“Untuk tahap selanjutnya, nanti kita akan diskusi dengan pak wali Insya Allah kemungkinan Jumat besok, jadi kita akan berunding sekalian yang penentuan lomba 10 program PKK,” ucapnya.

Menurut Ucu, pihaknya menargetkan untuk pengumuman dan pemberian apresiasi dibarengi dengan kegiatan Safari Ramadan sekalian Festival Bedug yaitu pada Rabu tanggal 12 April mendatang.

“Saya berharap semua RPTRA yang ada di Jakarta Pusat dapat menjadi tempat yang aman untuk semua warga dan bisa menjadi tempat edukasi untuk semua kalangan,” harapnya.

Di lokasi yang sama, salah seorang perwakilan tim penilai yang juga sebagai Staf Seksi Pemberdayaan Masyarakat Sudin PPAPP Jakarta Pusat Catur Cahyadi menjelaskan, sebelum masuk tahap verifikasi lapangan, perwakilan ke 8 RPTRA ini melakukan paparan di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat pada Senin (20/3) lalu.

“Untuk aspek-aspek penilaiannya yaitu dari segi administrasi, buku laporan, kebersihan RPTRA, grossmart, inovasi dari pengelola, dan juga partisipasi dari masyarakat,” katanya.

Catur menambahkan, 8 RPTRA itu dari kecamatan yang mengusulkan, Kecamatan Gambir diwakili RPTRA Kejora Petojo Utara, Kecamatan Senen diwakili RPTRA Planet Senen, Kecamatan Tanah Abang diwakili RPTRA Taman Raning, Kecamatan Sawah Besar diwakili RPTRA Sahara, Kecamatan Kemayoran diwakili RPTRA Mutiara, Kecamatan Johar Baru diwakili RPTRA Komando Ceria, dan Kecamatan Cempaka Putih diwakili RPTRA Matahari.

“Tim penilai terdiri dari PKK Tingkat Kota, ada dari bagian Kesra, bagian Tata Pemerintahan, Sudin PPAPP, dan juga dari Sudin Pusip,” tutupnya.