Meninjau Penataan Kawasan, Wali Kota: Progresnya Sudah Cukup Baik dan Beragam

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau penataan kawasan. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau penataan kawasan unggulan dari tiap-tiap kelurahan perwakilan kecamatan se-Jakarta Pusat, Senin (27/3).

Dhany mengatakan, dalam tinjauannya secara umum progresnya sudah cukup baik dan beragam mulai dari beautifikasi pada lingkungan, jalan setapak, sisi sungai, serta penggabungan antara jalan dan kawasan sarana olahraga.

"Progresnya cukup bagus artinya dari kondisi semula yang belum tertata setelah dilakukan penataan sudah memperlihatkan hasil yang cukup bagus, rapi, indah, hijau, dan nyaman," katanya.

Dhany menuturkan peninjauan ini dilakukan karena sudah menjelang berakhirnya triwulan pertama di tahun 2023 yaitu, akhir Maret. Sehingga, perlu dilakukan peninjauan progresnya sudah sejauh mana.

"Yang kita tinjau bukan mewakili kecamatan masing-masing tetapi merupakan usulan dari para camat, wilayah mana yang mau kita tinjau menurut pantauan para camat. Nanti saat penilaian berbeda, wilayah mana yang diusulkan dan akan dijagokan setelah itu, baru kita akan melakukan penilaian," tuturnya.

Menurutnya, pada fase pertama penataan kawasan unggulan telah dinilai dan diberikan penghargaan untuk tiga kelurahan terbaik dan pada fase kedua ini juga akan dilakukan hal yang sama.

"Di triwulan pertama ini kita akan lakukan penilaian kembali, Insya Allah akan ada penilaian dari tim independen salah satunya PKK dan NGO," ucapnya.

"Harapannya penataan kawasan ini benar-benar bisa dinikmati oleh masyarakat dan sekaligus bisa mengedukasi masyarakat bahwa lingkungan kita yang terbatas ini kalau ditata dengan baik dan dengan niat yang tulus ikhlas, serta komitmen, dan semangat yang tinggi, Insya Allah bisa kita wujudkan," harapnya.

Turut serta dalam peninjauan Ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Pusat Ishran Prasetiawan, Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Martua Sitorus.