Menyambut Ramadan 1444 H, Sekko Jakpus Pimpin Apel Bersih-bersih Masjid

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelaksanaan apel bersih-bersih masjid di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin memimpin apel pelaksanaan kegiatan kerja bakti bersih-bersih masjid guna menyambut bulan suci Ramadan 1444 H.

Iqbal mengatakan, pelaksanaan apel tersebut merupakan rangkaian kegiatan bersih-bersih sarana ibadah dalam setiap momentum perayaan hari besar keagamaan.

"Bersih-bersih rumah ibadah di seluruh wilayah Jakarta Pusat, dilaksanakan setiap ada momentum pelaksanaan hari besar keagamaan. Ini membuktikan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat selalu peduli dengan kebersihan lingkungan terutama tempat ibadah yang kali ini masjid, agar para umat yang menjalankan ibadah dapat merasa nyaman," kata Iqbal usai memberikan arahan apel bersih-bersih masjid, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (17/3).

Menurutnya, kegiatan bersih-bersih tempat ibadah ini merupakan perwujudan dari kebhinekaan untuk terus memelihara kondisi lingkungan tidak hanya kebersihan tapi, juga mempererat tali silahturahmi.

"Dengan adanya sinergitas ini wilayah Jakarta Pusat tidak hanya bersih, aman, dan nyaman. Tapi juga semakin dapat dinikmati seluruh warga masyarakat dalam mewujudkan Sukses Jakarta untuk Indonesia” ujarnya.

Setelah apel para 100 petugas dari, Satpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat, Sudin Lingkungan Hidup, PPSU, Sudin Damkar, dan jajaran UKPD terkait langsung menuju tiap masjid yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

Masjid yang dibersihkan, Masjid Nurussamaniyah, Masjid Al-Hikmah, Masjid Baitulsalam, Masjid Sakinah, Masjid Ummul, Masjid Al-Furqon, dan Masjid Jami Al-Makmur. Kesemua masjid tersebut berada di delapan kecamatan wilayah Jakarta Pusat.

Salah satunya, petugas membersihkan Masjid Nurussamaniyah di Jalan Cibunar Raya, Kelurahan Duri Pulo, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Camat Gambir Andri Ferdian yang meninjau pelaksanaan tersebut mengapresiasi bersih-bersih masjid dalam menyambut bulan suci Ramadan.

"Tentunya ini sangat baik, menumbuhkan kecintaan terhadap masjid, karena kebersihan sebagian dari iman, dan sekaligus dapat bersilahturahim dengan pengurus masjid,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Masjid Nurussamniyah H Sony Sudrajat sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan bersih-bersih masjid.

“Saya sangat berterima kasih sudah dibantu bersih-bersih dengan peralatan lengkap, dan saya merasa senang telah dibantu, terutama kepada Wali Kota Jakarta Pusat. Kalau bisa kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap bulannya, jangan setahun sekali," tandasnya.