Pagelaran Seni Budaya di RW 09 Kelurahan Cideng Berlangsung Meriah

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Pertunjukan musik Islami. Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Kelompok Masyarakat Kelurahan Cideng mengadakan pagelaran seni budaya, di RW 09 Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Minggu (28/5).

Kegiatan pagelaran seni budaya ini dibuka langsung oleh Wakil Camat Gambir Agus Triono. Dalam sambutannya, Agus mengatakan, kemeriahan pagelaran seni budaya di RW 09 Kelurahan Cideng ini terdapat kerukunan dan kekompakan dari seluruh elemen masyarakat.

"Mudah-mudahan acara yang meriah ini bisa berlangsung di tahun-taun selanjutnya, dan ada istilah yaitu, ini kampung kita, kalau bukan kita yang jaga, siapa lagi. Ini istilah Betawi yang dipedomani oleh masyarakat, Alhamdulillah warga masyarakat RW 09 Cideng sangat menjaga lingkungannya dan saya mengapresiasi kerukunan dan kekompakan warga di sini," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara Pagelaran Seni Budaya ini Sucipto mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh tim dan masyarakat yang ikut memeriahkan acara pagelaran ini, dan total 500 warga yang hadir pada hari ini.

"Kepada Seluruh tim, panitia, jajaran Pemkot Administrasi Jakpus, camat, lurah, purnawirawan, rekan Asrama Polri Cideng, karang taruna, LMK, FKDM, RT/RW, Ibu-ibu PKK, Dasawisma, adik-adik serta masyarakat yang hadir, saya mengucapkan terima kasih telah mensukseskan acara ini. Ke depan diharapkan kegiatan ini akan terus berlangsung, dan lebih sempurna dan lebih baik dari ini," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kasatpel Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat Uung Kurniawan menambahkan bahwa Pemkot Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Kebudayaan siap melakukan pembinaan dan pelatihan tari, teater, seni kriya, dan ini bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat yang berminat.

"Di sini masyarakat RW 09 diharapkan bisa memanfaatkan pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh Sudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat dan juga teruntuk ibu-ibu yang ingin mengajukan alat-alat musik Islami seperti, hadroh, marawis, dan lain sebagainya bisa diajukan," ujarnya. 

Kegiatan seni budaya ini juga diisi dengan memberikan 25 paket sembako dan juga santunan kepada 19 yatim piatu, duafa, dan janda.

Dalam rangkaian acara ini juga turut dimeriahkan oleh pertunjukan Marawis, tarian tradisional, campur sari, pencak silat, aksi palang pintu, dan barongsai. Ada juga pemberian door prize sebanyak 50 buah yang di antaranya yaitu, sepeda, kompor gas, dispenser, blender, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.