Panen Perdana di Pokmas RW 06 Karang Anyar

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Panen pakcoy di halaman rumah dinas Lurah Karang Anyar, Jalan F Karang Anyar RW 06, Jakarta Pusat, Kamis (26/1) pagi. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Sawah Besar melakukan panen perdana tanaman hidroponik, di halaman rumah dinas Lurah Karang Anyar, Jalan F Karang Anyar RW 06, Jakarta Pusat, Kamis (26/1) pagi.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) KPKP Kecamatan Sawah Besar Anette Nisa Octivani menjelaskan bahwa kegiatan panen ini merupakan bagian dari pengembangan urban farming.

"Hari ini kita melakukan panen perdana tanaman hidroponik dari hasil penanaman yang dilakukan Kelompok Masyarakat (Pokmas) RW 06 Kelurahan Karang Anyar," ucap Anette.

Anette mengungkapkan, sebanyak 10 kg tanaman hidroponik yang di panen terdiri dari pakcoy, kangkung, dan bayam. Nantinya akan diolah menjadi minuman smoothies dari pakcoy. Hasil panen ini akan dibagikan kepada warga yang berminat.

Anette juga mengajak warga untuk mengembangkan metode budidaya menanam dengan memanfaatkan air dan tanpa menggunakan media tanah (hidroponik) agar bisa mempunyai penghasilan tambahan.

Di tempat yang sama, Lurah Karang Anyar Lingga Pratama menambahkan, penanaman sayuran yang baik adalah dengan tidak menggunakan zat-zat berbahaya.

"Kita mencoba memberikan edukasi terhadap warga bagaimana pentingnya merawat tanaman yang baik, tanaman itu sendiri bisa digunakan dan dikonsumsi secara pribadi, serta terjangkau. Kemudian tanaman tersebut juga sehat karena penanamnya tidak menggunakan zat-zat berbahaya," jelasnya.

Dalam panen kali ini juga dihadiri, Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, Camat Sawah Besar Prasetyo, dan jajaran terkait lainnya.