Pembangunan Turap Atasi Banjir

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Pembangunan turap di RW 02 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Turap merupakan struktur konstruksi batu kali yang berbentuk dinding dan berguna untuk menahan tekanan dan pergerakan tanah yang kurang stabil. Konstruksi ini berguna pula untuk menahan pergeseran lateral tanah akibat perubahan kemiringan tanah yang melebihi sudut tanah tersebut.

Pembangunan turap selain berguna untuk mencegah terjadinya longsor juga dapat mengatasi banjir karena bisa memperlancar aliran air.

Untuk itu, pembangunan turap dilakukan seperti di RW 02 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Suwarno warga RW 02 Kelurahan Mangga Dua Selatan mengaku senang atas pembangunan turap di wilayahnya. "Alhamdulillah perasaan semua warga sangat senang," ujarnya.

Baca Juga: 

Pembangunan Turap di Mangga Dua Selatan Ditargetkan Pertengahan Tahun Selesai

Menurutnya, pembangunan sempat terhenti karena adanya Covid-19, namun pada Musrenbang 2022 warga kembali mengajukan. “Sebenarnya hampir tiap tahun pada Musrenbang selalu diajukan warga, namun karena Covid-19 jadi ya belum berjalan," ucap Suwarno.

Sebenarnya, lanjut Suwarno, pembangunan turap ini bukannya tanpa alasan, tujuan pembangunan turap ini sangatlah penting bagi warga RW 02.

“Kami semua warga termasuk yang di area pinggir kali berkumpul dan sepakat, bahwa selain untuk mengatasi banjir, keberadaan turap setinggi 3 meter ini penting supaya tidak ada lagi yang jatuh atau tercebur ke sungai”, terang Suwarno.

Warga, kata Suwarno, juga sudah iklas apabila dengan dibangunnya turap ini, lahan warga menjadi terpotong dan berkurang. “Alhamdulillah semua warga setuju dan sudah menandatangani perjanjian tersebut, karena ini demi kebaikan warga," jelasnya.

Selain mengusulkan pembangunan turap, Suwarno menambahkan, warga juga sempat mengusulkan adanya vertical garden