Pembangunan Turap di Mangga Dua Selatan Ditargetkan Pertengahan Tahun Selesai

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Petugas SDA membuat turap, di Kali Anak Ciliwung RW 08 dan RW 02, Kelurahan Mangga Dua Selatan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sebanyak 35 petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat membuat turap, di Kali Anak Ciliwung RW 08 dan RW 02, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Selasa (24/1).

Kasatpel SDA Sawah Besar Yusuf Sumardani menjelaskan, pembangunan turap ini atas dasar adanya reses dari anggota DPRD yang meminta agar lokasi di sini dibangun turap, karena turap yang lama sendiri sudah tergerus atau mungkin terkena longsor.

“Ini memang awalnya dari reses anggota DPRD, dibangun turap yang baru karena yang lama sudah tergerus atau mungkin longsor, yang jelas hanya ada pancang-pancang bambu di sini," ujar Yusuf.

Lanjut Yusuf, pengerjaan turap sepanjang kurang lebih 800 meter ini sudah dilakukan dari 10 hari yang lalu dan diperkirakan akan selesai pada pertengahan tahun.

“Ini kan panjangnya kurang lebih 800 meter, cuma karena akses untuk materialnya agak susah, jadi mungkin pertengahan tahun baru selesai," terang Yusuf.

Sementara itu, Lurah Mangga Dua Selatan Agata Bayu menambahkan, pembangunan turap ini adalah lanjutan dari sebelumnya, di mana pembangunan turap ini sempat terhenti karena Covid-19.

“Dulu pas Covid-19 sempat terhenti, tapi Alhamdulillah bisa terealisasi di tahun ini berkat kesadaran dari warganya sendiri tentang pentingnya turap ini," jelas Agata.

Agata berharap, agar nantinya setelah turap ini selesai, tidak ada warga yang buang sampah sembarangan. ”Mari sama-sama kita jaga kebersihannya, dan semoga tidak ada lagi yang buang sampah sembarangan," harap Agata.