Pemkot Gelar Koordinasi Pengecekan Terakhir Persiapan Adipura Tahun 2023

Reporter: Mutiara Rizqy Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Koordinasi terkait pengecekan terakhir persiapan verifikasi lapangan Adipura Tahun 2023. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar koordinasi terkait pengecekan terakhir persiapan verifikasi lapangan Adipura Tahun 2023, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (4/10).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, adipura adalah media yang digunakan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan memiliki tujuan untuk mengatasi persoalan lingkungan dalam mengukur pencapaian kualitas kebersihan dan lingkungan.

“Adipura bukan tujuan, tetapi adipura adalah alat dan media yang digunakan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Tujuannya yaitu pengelolaan yang bisa mengatasi persoalan lingkungan. Jadi untuk mengukur capaian kualitas kebersihan dan kualitas lingkungan maka dilakukanlah media melalui penilaian Adipura," katanya.

Dhany juga berharap bahwa jadikan pengelolaan lingkungan itu menjadi base practice bagi anak-anak. “Kita jadikan pengelolaan lingkungan itu menjadi best practice bagi anak-anak. Bagaimana menumbuhkan perilaku cinta pada lingkungan dan dikembangkan kepada peserta didik. Prinsip misi kita di sini adalah kerja sama, sama-sama bekerja dan tidak ada egosektoral. Komitmen kita adalah untuk Jakarta Pusat," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Binsar Siregar menambahkan, adipura ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong penyelesaian berbagai persoalan lingkungan hidup.

“Adipura merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong penyelesaian berbagai persoalan seputar lingkungan hidup seperti, pengolahan sampah, ruang terbuka hijau, sirkular ekonomi, pengendalian pencemaran air, dan udara, pengendalian dampak perubahan iklim serta penerapan tata kelola pemerintahan yang baik," jelasnya.

"Plakat Adipura itu hanya sebagai bentuk apresiasi tetapi tujuannya untuk menjadikan kolaborasi semua elemen bersinergi dalam pengelolaan lingkungan," imbuhnya.