Pemkot Jakpus Bersama BPJS Ketenagakerjaan Salurkan 600 Paket Sembako Bagi Lima Federasi Buruh

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian secara simbolis bingkisan paket sembako kepada para federasi buruh. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat memberikan bingkisan 600 paket sembako kepada perwakilan lima serikat buruh, di Ruang Pertemuan Sudin JP Blok C, Lantai 5, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (14/4).

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir mengatakan, penyerahan bingkisan sembako ini dalam rangka peringatan May Day atau hari buruh  Internasional tahun 2023 sekaligus dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

"Ini merupakan kolaborasi Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat dengan BPJS Ketenagakerjaan bertujuan untuk membantu pekerja dalam hari raya sekaligus, menjalin tali kasih antara pemerintah dengan kelompok buruh agar terus tercipta hubungan baik, dan harmonis," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Chaidir memberikan dua arahan kepada para kelompok buruh, pertama para buruh yang ingin mudik untuk menitipkan kunci rumah atau kendaraan kepada tetangga, cek kembali listrik, serta gas hal ini untuk menghindari musibah kebakaran.

"Arahan kedua terkait May Day, yang berlangsung pada 1 Mei mendatang nanti diharapkan dilakukan secara persuasif, aman, nyaman, dan tertib. Namun, semangat May Day jangan ditinggalkan," imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Sudrajat menerangkan, lima federasi yang hadir mewakili buruh merupakan federasi yang ada di Jakarta Pusat. 

"Lima federasi yang tersebut yaitu Federasi Serikat Pekerja Aspek Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Pariwisata-SPSI Romunistarja, Farkes SPSI, FSP Mandiri, dan Sinergi BUMN," terangnya.

Menurutnya, kelima federasi tersebut merupakan perwakilan dari Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit, yang terdiri dari unsur serikat pekerja atau buruh, unsur pengusaha, dan unsur pemerintah

yang tujuannya memberikan nasehat atau masukan kepada wali kota terkait dengan masalah ketenagakerjaan.

"Sembako nanti disalurkan oleh para federasi, tidak semua anggota mendapatkan sembako, sebab federasi memiliki kriteria sendiri untuk anggota yang layak mendapatkan sembako," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Gambir BPJS Ketenagakerjaan Mias Muchtar menuturkan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan May Day yang selalu dilakukan setiap tahunnya,

"Kebetulan tahun ini bertepatan dengan Ramadan jadi momentum pembagian sembako membantu teman-teman buruh untuk menyambut Idulfitri. Semoga hubungan antara buruh dan pemerintah semakin erat, lalu diharapkan semua pekerja terlindungi melalui program pemerintah," pungkasnya.