Pemkot Jakpus Gelar Seni Budaya Berbasis Komunitas di Kebon Kosong

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pagelaran seni budaya berbasis komunitas, di Jalan Kemayoran Gempol. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Kebudayaan berkolaborasi dengan LSM Sahabat Jakarta menggelar pagelaran seni budaya berbasis komunitas, di Jalan Kemayoran Gempol, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Sabtu (22/7).

Acara yang digelar dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah ini diawali dengan senam bersama dilanjutkan dengan pertunjukan palang pintu, tari-tarian tradisional, tausiyah, santunan anak yatim, dan lomba-lomba serta bazar UMKM.

Camat Kemayoran Asep Mulyaman mengapresiasi digelarnya kegiatan pagelaran seni budaya berbasis komunitas di wilayahnya dalam rangka Tahun Baru Islam yamg memang membutuhkan kegiatan bersifat komunitas seperti ini.

"Mudah-mudahan pagelaran seni budaya berbasis komunitas dapat menjadi motivasi para generasi muda agar memiliki daya kreativitas, inovasi, dan berkarya. Seperti motto ulang tahun Jakarta (Jadi Karya untuk Nusantara) kemarin," ucapnya didampingi Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M Nurdin dan Lurah Kebon Kosong Alfalast.

"Di Tahun Baru 1445 Hijriah ini harus lebih baik, lebih berkah, sehat, dan lebih bermanfaat dari tahun sebelumnya," imbuhnya.

Asep juga bersyukur antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini cukup bagus terbukti dari meriahnya acara dan beragam tari-tarian yang ditampilkan oleh perwakilan masyarakat.

"Tadi setiap RT dan RW melibatkan ataupun menampilkan kesenian budaya Betawi seperti tari-tarian yang ditampilkan masing-masing warga rusun seperti, rusun apron, dakota, dan lainnya. Ini juga dapat meningkatkan jiwa seni dari generasi muda kita terkait budaya Betawi," katanya.