Pemkot Jakpus Gelar Sosialisasi Jakpreneur Bagi Warga Kelurahan Gambir

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi program pengembangan UMKM atau Jakpreneur bagi warga di Kelurahan Gambir. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas PPKUKM dan Suku Dinas PPAPP melakukan sosialisasi program pengembangan UMKM atau Jakpreneur bagi warga di Kelurahan Gambir. 

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Keluarga (Kasie PMKK) Sudin PPAPP Romaden Marbun mengatakan, ini merupakan program UMKM yang merupakan KSD Wali Kota terkait sosialisasi kewirausahaan bagi masyarakat yang ada di Jakarta Pusat.

"Hari ini kita melakukan sosialisasi di wilayah Kecamatan Gambir agar masyarakat di wilayah Kecamatan Gambir semakin giat dalam berwirausaha untuk membangkitkan perekonomian di Kecamatan Gambir khususnya," katanya, di aula Kantor Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (4/9).

"Kita juga tidak membatasi berapa peserta, semua masyarakat yang ingin mengikuti sosialisasi ini silahkan. Setelah Kelurahan Gambir kita akan sosialisasi di kelurahan lain yang ada di Kecamatan Gambir," imbuhnya.

Romaden menuturkan, dalam kegiatan ini disosialisasikan mengenai tujuh langkah menjadi Jakpreneur mulai dari pendaftaran, pembinaan, pendampingan, pemasaran hingga masyarakat bisa memiliki kreativitas, dan mampu mengembangkan usahanya.

"Jakpreneur di Jakarta Pusat termasuk Gambir luar biasa berkembangnya dan masyarakatnya juga mau berubah bahkan kemarin Gambir mendapat Juara 1 Stan dan Plating terbaik di Tingkat Provinsi. Kita sebagai salah satu pendamping Jakpreneur akan terus melakukan pendampingan," tuturnya.

Sementara itu, Camat Gambir Andri Ferdian bersyukur dan berterima kasih atas adanya sosialisasi ini karena menjadi salah satu wujud perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat untuk memiliki jiwa enterpreneur.

"Melalui Jakpreneur di masa pandemi kemarin kita mampu bangkit dan menciptakan lapangan usaha baru bahkan bisa merekrut warga sekitar untuk bersama mengembangkan usaha Jakpreneur yang mereka miliki," ucapnya.

"Ini juga persiapan perpindahan Ibu Kota Negara maka kita siapkan jiwa-jiwa kewirausahaan di masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Gambir ini," imbuhnya.

Menurutnya, pihak kecamatan juga terus berkordinasi untuk melakukan peningkatan dan pengembangan kewirausahaan juga mengajak serta mengimbau masyarakat untuk bisa memiliki jiwa enterpreneur.

"Tetap semangat buat para Jakpreneur baru harus terus berusaha dan menikmati proses yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dan harapannya pihak pengampu Jakpreneur juga terus mendampingi warga kami.  Bukan hanya sosialisasi saja tetapi seterusnya bisa didampingi mulai dari pelatihan, permodalan, dan pemasaran sehingga menjadi penyemangat bagi masyarakat," tandasnya.