Pemkot Jakpus Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen PKK

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi pelaporan SIM-PKK. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar sosialisasi pelaporan Sistem Informasi Manajemen Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (SIM-PKK) Tahun 2023 dalam menginput segala laporan kegiatan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Joehandi mengatakan, sebelumnya laporan dibuat konvensional atau manual dalam bentuk laporan tertulis dan sekarang ada pembaharuan melalui SIM-PKK.

"Sosialisasi ini ditujukan untuk mengajarkan TP PKK untuk menginput semua kegiatan PKK ke dalam website yang bernama SIM-PKK. Jadi, kegiatan yang dilakukan PKK mulai dari Pokja 1 hingga 4, dan 10 program PKK dapat di-upload dan dilaporkan melalui gawai mereka," jelasnya, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Ahmad menuturkan tujuan pembaruan ini untuk mencatat dan mempermudah laporan semua kegiatan yang dilakukan PKK di website SIM-PKK agar tidak terlupa atau hilang.

"Kalau secara manual kadang buku atau laporannya lupa atau hilang kalau di SIM-PKK sudah otomatis masuk atau tersimpan dalam server," tuturnya.

Menurut Ahmad, para ibu-ibu PKK sudah terbiasa bermain dan meng-upload kegiatan di sosial media untuk status atau story sehingga sekarang kebiasannya digeser dengan memasukan data kegiatan ke SIM-PKK.

"Hari ini ibu-ibu PKK diajarkan tata cara, konten, dan pengenalan menunya sehingga, ibu-ibu PKK kelurahan dan kecamatan bisa langsung mengaplikasikannya," ucapnya.

"Harapannya semoga ibu-ibu PKK bisa semakin canggih, konten yang di-upload semakin bagus, kegiatan di lapangan tercatat semua," tandasnya.