Pemkot Jakpus Kembali Gelar Pengembangan Wawasan Keagamaan Islam di Masjid Al-Fauz

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Pengembangan wawasan keagamaan Islam, di Masjid Al-Fauz. Foto: Angga Rizkyanda

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar kegiatan pengembangan wawasan keagamaan Islam, di Masjid Al-Fauz, Kompleks Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (25/10). 

Kegiatan ini diawali dengan Salat Zuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan kajian kitab Fathul Mu’in yang membahas tentang tayamum sebagai pengganti wudhu yang disampaikan oleh K.H. Maulana Kamal Yusuf.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Joehandi mengatakan, ini merupakan pengajian rutin ke-10 pada tahun 2023 yang diikuti para ASN, PJLP, warga sekitar di lingkungan Pemkot Jakarta Pusat, serta beberapa lembaga keagamaan seperti MUI, LPTQ, DMI, dan para Kiai lainnya.

“Pengajian hari ini dalam hitungan kami sudah masuk pengajian ke-10 di tahun ini. Tahun kemarin juga gitu, bedanya tahun kemarin kita keliling di setiap kecamatan, sedangkan tahun ini kita melaksanakan di Masjid Al-Fauz usai salat dzuhur berjamaah,” ujarnya.

Ahmad Joehandi pun berharap, kegiatan ini dapat menjadi sebuah tradisi positif dan ilmu yang diberikan dapat diterapkan bagi pegawai di lingkungan Pemkot Jakarta Pusat.

“Sebetulnya yang dibaca tidak terlalu banyak, paling 30 menit. Tapi yang penting adalah tradisinya. Tradisi kita membaca kitab kuning, tradisi kita berguru, mengambil keberkahannya, dan semoga ini menjadi tradisi yang baik,” ujarnya. 

“Bukan masalah hanya membaca selembar atau dua lembar, tetapi para pegawai bisa menanamkan tradisi yang baik ini di lingkungan pemerintah. Tetap silaturahmi melalui ngaji dan salat berjamaah. Itulah yang kita coba kuatkan di situ,” tutupnya.