Pemkot Jakpus Resmikan Taman Kramat Bundar dan Aktifkan Kembali Air Mancur Taman HKSN

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Peresmian Taman Kramat Bundar. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat meresmikan Taman Kramat Bundar yang terletak di Simpang Lima Senen, sekaligus pengoperasian kembali Taman Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dengan pengaktifan air mancur.

Kegiatan ini dihadiri, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Suku Dinas Pertanaman dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda.

Dhany Sukma mengatakan, lokasi Taman Kramat Bundar yang sebelumnya hanya dipenuhi Movable Concrete Barrier (MCB) untuk pengalihan arus disulap menjadi taman yang indah untuk pejalan kaki.

"Awalnya hanya jalan yang tertutup oleh MCB, setelah kita rapatkan asetnya kita alihkan dari Bina Marga ke Sudin Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) kemudian dijadikan taman yang indah bagi pedestrian," ujarnya, Jumat (22/12). 

"Kita resmikan Ruang Terbuka Hijau Taman Kramat Bunder yang didedikasikan dalam rangka Hari Ibu ke-95," imbuhnya.

Pengoperasian Air Mancur Taman HKSN

Pengoperasian Taman HKSN ditandai dengan pengaktifan kembali air mancur yang kini telah menjadi indah dan rapi dilihat.  

Menurut Dhany, dalam menjaga Taman HKSN agar tetap lestari, Sudin Tamhut bekerja sama dengan Badan Pemeriksa Aset Daerah (BPAD) dan Sudin Pemuda dan Olahraga (Sudin Pora) mendirikan pagar serta pos keamanan untuk menjaga sekaligus memelihara taman tersebut.

"Karena sekarang dikelola oleh pertamanan, pengawasan akan dilakukan oleh petugas jaga yang ditempatkan pada posko keamanan di sini. Selain itu, kita bekerja sama dengan BPAD yang telah memagari Taman HKSN," jelasnya.

Sebelumnya dipagar, lanjut Dhany, Taman HKSN kerap digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab hingga kotor dan menimbulkan bau tidak sedap kini ditata lebih rapi dan nyaman sesuai peruntukannya.

Di tempat yang sama, Kasudin Tamhut Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda berharap Taman Kramat Bunder dan Taman HKSN dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan positif oleh masyarakat.

"Ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan di tingkat kota, baik kecamatan maupun kelurahan. Mungkin bisa diadakan bazar, pergelaran seni ataupun kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat," ucapnya.

Dalam peresmian dan pengoperasian Taman juga dilakukan penanaman pohon tabebuya di depan Taman HKSN, dan penyerahan bibit cabai kepada kelompok tani Kecamatan Senen.