Pemkot Kolaborasi FYBI Gelar Kejuaraan Marching Band Piala Wali Kota Jakpus

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang menerima audiensi dengan FYBI. Foto: Adi Magang

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menerima audiensi dengan Federasi Youth Band Indonesia (FYBI) Jakarta Pusat.

Bakwan Ferizan Ginting menjelaskan, pertemuan ini membahas terkait penyelenggaraan festival marching band pada tingkat kota yang akan memperebutkan Piala Wali Kota Jakarta Pusat.

"Kita akan mendukung penuh kegiatan yang akan mengkompetisikan marching band dari sekolah yang ada di wilayah Jakarta Pusat," katanya, di Ruang Sekko I, Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (26/1).

Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memberikan nilai kepada anak sekolah dalam meningkatkan kemampuan bermain alat musik.

Sementara itu, Ketua Federasi Youth Band Indonesia (FYBI) DKI Jakarta Fanny Alambai menambahkan, FYBI bertujuan untuk menggiatkan marching band yang sebelumnya vakum akibat pandemi.

"Sekarang kita mulai giatkan kembali marching band terutama di sekolah dari tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat," jelasnya.

Menggiatkannya, lanjut Fanny dengan latihan bersama, dan kejuaraan tingkat wilayah kota secara berjenjang.

"Kita menggelar Kejurwil, Kejurprov, dan Kejurnas yang diadakan FYBI. Serta kejuaraan yang diadakan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI)," ungkapnya.

"Untuk Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) Jakarta Pusat, akan berlangsung tanggal 25 Februari 2023 di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Nanti pemenangnya akan kita bawa ke Kerjuprov yang berlangsung tanggal 4 Maret di velodrom," imbuhnya.

Fanny berharap dengan adanya Kejuaraan seperti ini siswa-siswi bisa lebih fokus, kreatif, dan disiplin.

Untuk diketahui, FYBI merupakan federasi yang menaungi marching band, seni, dan budaya di seluruh Indonesia. Federasi ini telah resmi menjadi anggota tetap Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) sejak awal tahun 2022.