Perayaan Malam Takbiran di Wilayah Jakpus Berjalan Kondusif

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau pelaksanaan Malam Takbiran di Bundaran HI. Foto: Malik Maulana

Aktivitas perayaan Malam Takbiran jelang Hari Raya Idulfitri 1444 H di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat berlangsung kondusif. 

Demikian disampaikan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma usai melaksanakan monitoring bersama jajaran tiga pilar yang dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto dan Sekda Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono, di kawasan Bundaran HI, Kecamatan Menteng, Jumat (21/4) malam.

"Hasil pantauan di Sudirman-Thamrin, Alhamdulillah terkendali, aman, dan kondusif," ujar Dhany didampingi Sekko Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, dan Camat Menteng Suprayogie.

Menurut Dhany, untuk titik lain yang umumnya dijadikan pusat perayaan Malam Takbiran di Jakarta Pusat seperti Kemayoran, Senen, dan Tanah Abang juga masih dalam aktivitas normal.

"Kalaupun ada paling hanya ada suara kembang api, dan itu pun sudah ada penghalauan dari aparat kepolisian, jadi masih dalam batas normal terkendali. Tiap-tiap area sudah disebar petugas dari TNI Polri bersama Satpol PP," ucapnya.

Dhany pun mengimbau agar masyarakat turut menjaga keamanan dan ketertiban sehingga perayaan Idulfitri tahun ini berjalan dengan baik, dan tentunya dapat dimanfaatkan untuk bersilaturahmi bersama sanak keluarga.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengungkapkan, situasi Jakarta masih dalam keadaan aman dan kondusif.

Karyoto menambahkan, adapun pelanggaran yang ditemukan dalam momen Malam Takbiran tahun ini didominasi pelanggaran lalu lintas seperti, tidak menggunakan helm saat berkendara roda dua. Sehingga, pihaknya memaksimalkan pengoperasian e-TLE untuk menindak pelanggaran yang ada.

"Kami tetap mengimbau rekan-rekan yang menggunakan sepeda motor, taati peraturan keselamatan lalu lintas, alat pelindung keselamatan diri digunakan, dan memenuhi standar, jangan asal nemplok di kepala," pungkasnya.