Persiapan HUT RI dan Antisipasi Inflasi Daerah Menjadi Bahasan Rapim

Reporter: Maulana Yusuf | Editor: Iman

Persiapan HUT RI dan Antisipasi Inflasi Daerah Menjadi Bahasan Rapim. Foto : Dolly (Magang).

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar rapat pimpinan (rapim) terbatas, di Ruang Rapat Wali Kota, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (28/3).

Dalam kesempatan ini Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menyampaikan rencana persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang akan digelar di Jakarta.

"Karena memang aktivitas pusat masih di Jakarta, otomatis kita sebagai tuan rumah berkewajiban menyiapkan aktivitas yang dibutuhkan dalam rangkaian kegiatan tersebut,"katanya.

Menurutnya seperti pada tahun-tahun sebelumnya rangkaian kegiatan akan lebih banyak di lingkungan Istana Negara. Akan ada kirab bendera pusaka dan naskah proklamasi dari Monas menuju Istana Negara serta kegiatan lainnya sehingga harus dipersiapkan dengan matang.

"Mungkin Kecamatan Gambir dan Sawah Besar akan ikut ambil bagian dalam menunjang kegiatan rangkaian 17 Agustus. Ini baru kajian awal, nanti akan dilakukan rapat lanjutan untuk melihat kondisi di lapangan dan menganalisis efektif atau tidak kegiatan yang akan dilaksanakan setelah kirab,"ucapnya.

Selain itu, lanjut dhany, dalam rapim ini dibahas antisipasi inflasi daerah yang telah dilakukan menjelang bulan Ramadan ini meskipun upaya penekanan angka inflasi DKI Jakarta termasuk yang terbaik di seluruh indonesia.

"Tentunya kita tidak boleh lengah karena memang permintaan banyak dan pasokan menurut analisa terpenuhi kita tetap tidak boleh lengah untuk terus memantau harga bahan pangan di tiap-tiap pasar, kita lihat harga pangannya. Ini sesuai arahan presiden bahwa kita jajaran kewilayahan harus benar-benar memantau sedetail-detailnya harga pangan,"pungkasnya.

Dalam rapim ini juga dibahas persoalan kewilayahan yang disampaikan oleh para camat untuk dikoordinasikan dan dibuat langkah-langkah penyelesaiannya bersama sudin terkait.