Presiden Jokowi Resmi Buka Jakarta Fair Kemayoran 2023

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan Jakarta Fair 2023. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo secara resmi membuka ajang pameran terbesar se-Asia Tenggara Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair 2023) di Kemayoran, Rabu (14/6).

Dalam sambutannya, presiden mengatakan bahwa ajang pameran tahunan ini selalu ditunggu oleh masyarakat, khususnya warga Jakarta.

“Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair ini sudah sangat akrab dengan warga Jakarta. Setiap tahun kehadirannya selalu ditunggu oleh masyarakat Jakarta dan menjadi penanda hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta, yaitu tanggal 22 Juni,” ujar Presiden.

Menurut presiden, tahun ini PRJ memasuki penyelenggaraan yang ke-54 dan telah menjelma menjadi ajang pameran terbesar, terlama, dan terlengkap di Asia Tenggara, yang dimana di tahun sebelumnya dikunjungi oleh 6,9 juta pengunjung dengan transaksi Rp7,3 triliun.

Menutup sambutannya, Presiden tak lupa menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kota Jakarta yang memasuki usia 496 tahun.

“Saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun Kota Jakarta yang ke-496,” imbuhnya.

Usai acara pembukaan tersebut, presiden beserta jajaran langsung berkeliling mengunjungi tenan tenan pameran sekaligus menyapa dan menyalami warga yang berkunjung ke Jakarta Fair.

Anjungan Pemprov DKI

Pada Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023 ada juga anjungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta seperti, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) serta dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Anjungan Pemprov DKI Jakarta ditargetkan dapat dikunjungi 5.000 orang per hari.

Ada 70 stan, ada stan dari Bank DKI dan hampir semua OPD. Pemprov juga memfasilitasi stan untuk pelaku UMKM di Jakarta. 

Untuk diketahui, dalam pembukaan Jakarta Fair Kemayoran, turut hadir sejumlah pejabat di lingkungan kementerian, di antaranya Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, hingga Ketua Panitia Penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran Karuna Murdaya.

Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, digelar selama 33 hari yang dibuka mulai 14 Juni sampai 16 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.500 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.500 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan.