Puluhan Pemuda Mancanegara Meriahkan Ajang Indonesia Channel 2023

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Pemuda mancanegara meriahkan ajang Indonesia Channel 2023. Foto: Maulana

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menyaksikan pentas seni Indonesia Channel 2023, di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Sabtu (12/8) malam. 

Pentas tersebut merupakan penutup rangkaian kegiatan pelatihan seni budaya bagi 45 peserta dari 32 negara yang mengikuti program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

"Malam ini di Lapangan Banteng, kami bersama Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Wali Kota menghadiri undangan ibu Menlu untuk acara Indonesia Channel 2023 yang penarinya, bintangnya berasal dari berbagai negara. Ada dari Ceko, Thailand, India, Filipina, dan lain lain," ujar Pj Gubernur Heru. 

Menurutnya, Pemda DKI mendukung kementrian luar negeri untuk mempromosikan budaya nasional bukan hanya budaya DKI Jakarta. "Kami mendukung apa yang dilakukan kementrian luar negeri dalam mempromosikan budaya nasional, bukan hanya budaya DKI saja," katanya. 

Sementara itu, Retno Marsudi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung sehingga BSBI dan Indonesia Channel 2023 berjalan lancar. Terima kasih ia sampaikan terutama kepada Pemprov DKI yang telah menjadi host Indonesia Channel untuk keempat kali dan kepada dinas-dinas terkait yang membantu memfasilitasi acara.

"Ucapan terima kasih tentunya kami sampaikan kepada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI, Dinas Kebudayaan DKI, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI, serta dinas terkait yang telah mendukung kegiatan ini, juga sanggar terkait yang menjadi mitra," ucap Retno Marsudi.

Di tempat yang sama, Dhany Sukma menambahkan, acara Indonesia Channel 2023 ini sangat memberikan warna budaya Bangsa Indonesia melalui pentas seni tari. 

Peserta yang terlibat di acara Indonesia Channel 2023, lanjutnya, merupakan para seniman dari negaranya masing-masing dan kemudian memperkenalkan budaya Indonesia.
 

Sementara, menurut Dhany, di wilayah Jakarta Pusat kelestarian budaya sangat gencar dilakukan melalui Sudin Kebudayaan dengan terus melaksanakan pagelaran seni dan budaya.

"Pagelaran seni dan budaya itu harus terus ditampilkan di setiap kecamatan dan kelurahan agar mengakar di lingkungan masyakarat," terangnya. 

Dhany pun mengimbau kepada warga masyarakat agar dapat terus melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia dalam setiap kehidupan bermasyarakat.