Rembuk Stunting di Kelurahan Kebon Kacang

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Rembuk Stunting di Kelurahan Kebon Kacang. Foto: Maulana

Kelurahan Kebon Kacang menggelar Rembuk Stunting, di aula kantor kelurahan setempat, Jalan K.H Mas Mansyur No. 30, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (22/9).

Dalam kegiatan rembuk stunting ini diisi dengan sosialisasi stunting oleh Puskesmas Kecamatan Tanah Abang dan penandatanganan komitmen aksi konvergensi intervensi pencegahan dan penurunan stunting serta pemberian makanan bergizi kepada 28 balita terindikasi stunting di Kelurahan Kebon Kacang. 

Pelaksana tugas (Plt) Lurah Kebon Kacang Ety Kusmiaty mengatakan, pemberian makanan bergizi kepada anak -anak dalam rembuk stunting ini dilakukan untuk mengurangi angka stunting di Kelurahan Kebon Kacang. Makanan diberikan dalam bentuk mentah untuk dimasak sendiri oleh para orang tua.

“Kami dibantu oleh Hotel Holiday Inn Express Wahid Hasyim sebagai CSR dengan memberikan makanan bergizi kepada 28 balita terindikasi stunting, saya berharap kolaborasi ini terus berlanjut dan bak gayung bersambut nanti tanggal 26 September mendatang akan ada donor darah dan periksa mata gratis di Hotel Holiday Inn,” katanya.

Ety menuturkan, penurunan stunting ini bukan hanya tugas lurah ataupun Puskesmas tetapi juga dapat berkolaborasi dengan perusahaan lembaga, atau lainnya yang berpotensial di wilayah. 

Alhamdulillah tadi disampaikan oleh pihak puskesmas dari 28 balita, sembilan anak di antaranya sudah mengalami kemajuan. Insya Allah semoga dengan intervensi ini ada beberapa anak yang lolos dari stunting,” imbuhnya.

Sementara itu, General Manager Hotel Holiday Inn Express Jakarta Wahyu Setiobudiwan menambahkan di bulan September semua anak usaha InterContinental Hotels Group (IHG) di seluruh dunia salah satunya Hotel Holiday Inn mengelar program CSR. 

“Salah satu program dengan memberikan perhatian khusus kepada anak-anak stunting di Kebon Kacang,” imbuhnya.

Wahyu berharap dengan berpartisipasi mengintervensi stunting ini ke depan angka stunting di Kebon Kacang semakin berkurang. 

“Kami ikut berpartisipasi karena ini merupakan bentuk pertanggungjawaban sosial kami terhadap lingkungan sekitar, ke depan tidak menutup kemungkinan program lain akan kami lakukan, salah satunya seperti yang disampaikan bu lurah yaitu pemberian makanan bergizi ataupun mengajak anak-anak makan di Hotel," pungkasnya.