Roadshow Bus Anti Korupsi di Bundaran HI

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Roadshow Bus Anti Korupsi, di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (7/5). Malik Maulana

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Roadshow Bus Anti Korupsi, di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (7/5). 

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono

Kegiatan ini digelar bersamaan dengan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran HI. 

Sekda Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan, sinergitas ini menjadi sebuah komitmen dari Pemprov DKI Jakarta untuk serius mencegah dan memberantas korupsi dalam seluruh aspek kehidupan termasuk di lingkungan pemprov sendiri.

“Kegiatan ini mempunyai makna strategis, dan merupakan bukti serta komitmen kami (pemprov) dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi di seluruh wilayah Jakarta,” tegasnya. 

Joko juga mengucapkan terima kasih kepada Inspektorat dan Dinas Perhubungan yang telah berkolaborasi dalam mewujudkan Bus Anti Korupsi sebagai media untuk mengedukasi seluruh lapisan masyarakat dalam menghadapi bahaya korupsi.

"Terima kasih kepada inspektorat dan Dinas Perhubungan, Bus Anti Korupsi ini menjadi langkah untuk menciptakan atmosfer budaya anti korupsi dalam membangun karakter bangsa, utamanya bagi generasi muda,” ucapnya. 

Sementara itu, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI Wawan Wardiana menjelaskan, acara ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang anti korupsi.

“Jadi seluruh masyarakat bisa naik langsung ke bis dan mengecek pada sistem nama yang mereka mau cek, nanti akan terlihat data kekayaan dari nama yang mereka cek,” ujar Wawan.

Selain itu, lanjut Wawan, hadirnya Bus Anti Korupsi ini sudah ada sejak tahun 2019 lalu dan telah menyambangi pulau Jawa dan Bali. 

Roadshow tahun lalu sudah ke Banten, Sumsel, dan Lampung. Tahun ini, kita akan lanjutkan roadshow ke Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Bandung, dan Karawang juga ke Bengkulu, Medan, dan Aceh,” terang Wawan.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Inspektorat DKI Jakarta Syaefulloh Hidayat, Kadishub Syafrin Liputo, Kadis Pertamanan dan Hutan Kota Bayu Meghantara, Sekko Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, para camat dan lurah di Jakarta Pusat, Direktur Sosialisasi dan Kampanye KPK RI Amir Arief, dan Kombes Pol. Yamin Dian Priono.