RW 06 Kebon Kosong Terima Kunjungan Lapangan 58 Peserta Proklim Pratama

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi Proklim Taman Eduwisata Bhinneka Kebon Kosong. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) di Taman Eduwisata Bhinneka, RT 014/06, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran. Senin (13/11).

Pada kegiatan ini, RW 06 Kelurahan Kebon Kosong juga menerima kunjungan dari 58 orang pengurus RW yang terpilih sebagai Proklim Pratama Tingkat Kota dan akan mempersiapkan Proklim pada 2024 mendatang. RW 06 merupakan penerima penghargaan tertinggi Proklim Lestari pada 2023 kemarin.

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat (PSM) Sudin LH Kota Administrasi Jakarta Pusat Binsar Siregar mengatakan, sosialisasi dan kunjungan lapangan ini dilakukan untuk memberi gambaran dan edukasi kepada pengurus RW terkait apa saja yang dilakukan RW 06 Kelurahan Kebon Kosong sehingga dapat meraih penghargaan Proklim Lestari.

"Tujuannya untuk memotivasi teman-teman RW dan warga sekitar, supaya mereka bisa mencontoh apa yang dilakukan RW 06 Kelurahan Kebon Kosong," Ujarnya.

Binsar menambahkan, ada tiga hal yang harus diperhatikan pada penilaian Proklim yaitu, adaptasi perubahan iklim, upaya mitigasi, dan penguatan kelembagaan.

"Saya berharap tidak hanya mencari penghargaan, tapi teman-teman juga bisa membuat inovasi baru dalam penataan lingkungan," katanya.

Sementara itu, Lurah Kebon Kosong Alfalast Susentyo Dewanto menjelaskan, saat ini RW 06 telah menjadi percontohan Proklim untuk wilayah lain. Dia pun merasa bangganya kepada warga RW 06 yang telah berhasil meraih penghargaan tersebut.

"Ini suatu kebanggaan buat kita semua, Alhamdulillah masyarakat kita bisa kompak, punya inisiatif yang tinggi dan sadar akan masalah perubahan iklim," tandasnya.