RW 06 Kelurahan Kebon Kosong Raih Penghargaan Proklim Lestari Tingkat Nasional

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

RW 06 Kelurahan Kebon Kosong meraih penghargaan Proklim Lestari. Foto: Zaki Ahmad Thohir

RW 06 Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat menerima penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

"Alhamdulillah hari ini RW 06 Kelurahan Kebon Kosong mendapatkan penghargaan Predikat Proklim Lestari Tingkat Nasional yang sebelumnya diraih RW 03 Kelurahan Cempaka Putih Timur," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, saat menghadiri  Penganugerahan Proklim 2023 dan Sekaligus Peresmian Rumah Kolaborasi dan Konsultasi iklim dan Karbon (RKKIK), di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jalan Jendral Gatot Subroto Senayan, Selasa (24/10).

Kedepannya, Dhany akan menyiapkan semua RW se-Jakarta Pusat untuk membenahi lingkungan agar dapat bersaing secara nasional. Persiapan ini dimulai secara berjenjang dari tingkat Madya, Utama, dan Lestari.

"Insya Allah kita akan siapkan secara berjenjang, ada yang Madya, Utama, dan Lestari. Kita sudah ada yang Utama tinggal kita tingkatkan lagi menjadi Lestari," ucapnya.

Untuk diketahui, Proklim adalah program lingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kehadiran Proklim dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi  Gas Rumah Kaca (GRK).