Safari Kampanye Gemarikan, Wali Kota: Ikan Lengkap Kandungan Gizinya

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri pembukaan safari kampanye Gemarikan di SDN 02 Cideng. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri pembukaan safari kampanye Gerakan Memasyarakat Makan Ikan (Gemarikan) di SDN 02, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/8).

Dhany Sukma menjelaskan, tujuan adanya safari kampanye Gemarikan ini untuk memasyarakatkan anak-anak mengkonsumsi ikan. Karena, dari ikan ini lengkap kandungan gizinya.

Sebab, lanjutnya, ada penelitian dari bidang gizi mengatakan bahwa ikan merupakan salah satu makanan yang sangat sehat, bisa menunjang kecerdasan, dan mengkonsumsi ikan juga dapat meningkatkan pertumbuhan tulang-tulang serta otot, mencegah penyakit jantung, asma, dan yang pasti peredaran darah akan lebih bagus dengan mengkonsumsi ikan.

"Kemudian juga ikan bisa meningkatkan penglihatan kita, dengan ikan juga bisa membuat jantung kita sehat, karena ikan mengandung omega 3 yang bisa menumbuhkan jaringan-jaringan otak sehingga, otak kita bisa berkembang dan ketika otak berkembang akan menjadi cerdas. Anak Indonesia, sehat, kuat, dan cerdas,” jelasnya.

Untuk itu, kata Dhany, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) mengundang anak-anak sekolah dasar (SD) dari empat kecamatan.

"Kita mengundang anak-anak SD dari empat kecamatan, ada dari Tanah Abang, Menteng, Gambir, dan Sawah Besar. Ini baru tahap awal, Insya Allah tahap berikutnya mengundang empat kecamatan lagi,” ujar.

Sementara itu, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi menambahkan, kegiatan ini tujuannya mendukung pemerintah dalam program percepatan menurunkan stunting, memperkenalkan anak-anak sejak dini dengan memakan ikan yang sangat banyak vitaminnya.

“Materi dalam kegiatan ini yang disampaikan ada dari kampung dongeng yakni, dengan melakukan edukasi tentang manfaat ikan, lagu-lagu, gambar-gambar, dan kuis. Serta, paket olahan ikan seperti siomay ikan, baso ikan, ebi furai yang akan dibagikan ke anak-anak” ucapnya

Untuk diketahui, kegiatan ini akan diikuti siswa SD sebanyak 1.000 siswa terdiri dari 40 sekolah yang ada di delapan kecamatan wilayah Jakarta Pusat yang terbagi menjadi dua kegiatan. Hari ini siswa yang hadir terdiri dari Kecamatan Gambir, Menteng, Sawah Besar, dan Tanah Abang, dengan jumlah 20 sekolah dan menghadiri sebanyak 500 siswa.