Satpel KPKP Bersama Pengurus RW 01 Rawasari Panen Ikan Nila

Reporter: Farandy Purba | Editor: Iman

Panen Ikan Nila. Foto : Farandy Purba

Satuan Pelaksana (Satpel) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Cempaka Putih berkolaborasi dengan pengurus RW 01 Kelurahan Rawasari  melakukan panen ikan nila di Urban Farming Kampung Tangguh Jaya (KTJ) 01, Jumat (3/1).

Kasatlak KPKP Cempaka Putih, Hasmauna mengatakan, ikan yang dipanen di lokasi ini merupakan hasil bantuan dari Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta yang menyediakan bibit ikan sebanyak 2500 ekor.

"Kita ambilnya dari Ciganjur, hasilnya alhamdulillah setelah beranak-pinak (melahirkan) jadi puluhan ribu," kata Hasmauna.

Dalam panen kali ini, pihaknya memperoleh 16 kilogram ikan nila yang terdiri dari berbagai ukuran. Ia juga  merasa senang karena usahanya bersama kelompok budi daya perikanan tidak sia-sia.

"Alhamdulillah, dimanfaatkan untuk kelompok, sebagian dijual dengan harga perkilo 30 ribu dan tentunya lokasi ini dijadikan tempat pengembangan pembenihan ikan nila," ujarnya ketika dikonfirmasi mengenai pemanfaatan ikan nila tersebut.

Ia berharap dengan adanya budi daya ikan di urban farming ini dapat menyuplai kebutuhan warga sekitar terkait makanan sehat dan bergizi.

"Ikan nila mengandung protein tinggi baik untuk ibu hamil dan stunting," tuturnya.

Di tempat yang sama ketua RW 01 Rawasari, Ayi Sumirah melihat aktifitas panen ikan nila sangat penting, ia berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan terus bersinergi untuk memberikan manfaat kepada warga.