Satpol PP Goes to School Jadi Ajang Sosialisasi Perda

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Kasatpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat mensosialisasikan Perda Trantibumlinmas SMAN 4. Foto: Maulana

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Administrasi Jakarta Pusat mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat (Trantibumlinmas) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Rabu (12/7).

Kasatpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat TP Purba mengatakan, kegiatan Satpol PP Goes to School ini merupakan salah satu cara untuk mensosialisasikan tentang Perda Tahun 2007.

“Jadi ini adalah kegiatan yang berkelanjutan dan sudah masuk tahun kedua, di mana kegiatan ini adalah langkah awal yang kita lakukan agar siswa-siswi mengerti sejak dini tentang aturan perda khususnya tentang Trantibumlinmas ini,” ujar Purba. 

Dia menambahkan, bentuk sosialisasi pada tahun ini dengan tahun sebelumnya berbeda. “Tahun lalu kita lakukan dengan materi kelas, kegiatan olahraga, dan pertandingan persahabatan. Sedangkan, yang sekarang ini kita lebih bersifat kuesioner dan kuis,” terangnya. 

Nantinya, lanjut Purba, kegiatan ini akan dilakukan di sekolah-sekolah lainnya termasuk sekolah swasta yang memang masih rawan akan tawuran.

“Jadi ke depan kita akan sasar sekolah-sekolah yang mana masih rawan akan tawuran. Semoga dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi bisa menjadi agen kita dan bisa terjadi perubahan sehingga, menjadikan Jakarta Pusat jauh lebih baik,” ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 4 Ahmad Subekti mengaku bahwa kehadiran Satpol PP di sekolahnya sangat disambut baik dan mendukungnya. Karena kehadiran Satpol PP ini membuat siswa-siswi menjadi mengerti tentang aturan perda. 

“Kedatangan Satpol PP membuat siswa-siswi menjadi mengerti tentang peraturan daerah. Semoga acara ini bisa dilakukan minimal dua kali dalam setahun,” jelas Ahmad. 

Dalam kegiatan turut hadir dan memberikan materi dari Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kasuban Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rahmat Hidayat, Perwakilan Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat, Wakil Camat Gambir Agus Triyono, Plh Lurah Gambir Aries, serta Kepala Seksi Trantibumlinmas Karlina.