Sebanyak 783 Personel Disiagakan Amankan Malam Takbiran dan Idulfitri

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Takbiran dan Hari Raya Idulfitri. Foto: Malik Maulana

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Komarudin memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Takbiran dan Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 M, di Silang Monas Barat, Kecamatan Gambir, Jumat (21/4). 

Apel tersebut dihadiri, Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir, Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, dan jajaran terkait lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Komarudin mengatakan, akan menyiagakan para petugas di sejumlah titik keramaian atau titik kumpul Malam Takbiran dan Idulfitri di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

"Ada sebanyak 783 personel yang akan kita sebar di beberapa titik di wilayah Jakarta Pusat, terutama jalur Sudirman-Thamrin. Hasil pantauan kami, akan ada aktivitas atau kegiatan masyarakat. Harapan utama seluruh aktivitas kegiatan masyarakat tertib, aman, terkendali, dan lancar," katanya.

Komarudin juga mengimbau kepada warga masyarakat pada Malam Takbiran untuk bersama meramaikan masjid di wilayah masing-masing.

"Takbiran di masjid yang ada di wilayah masing-masing, tidak usah konvoi keluar, karena banyak potensi rentan gangguan yang bisa saja terjadi semisalnya, jatuh dari kendaraan,  dan lain sebagaimana," imbuhnya.

Walaupun demikian, lanjut Komarudin, petugas akan melakukan penyekatan ruas-ruas jalan dan mengimbau secara persuasif kepada masyarakat yang tetap konvoi di Malam Takbiran. 

Terkait dengan petasan, Komarudin menegaskan, akan mengantisipasi penggunaannya. Jika, mengganggu dan membahayakan masyakat lain akan ditindak tegas.

"Untuk penggunaan petasan tentu ada sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kita antisipasi penggunaannya, apabila mengganggu dan membahayakan masyakat lain akan kita tindak tegas. Kita ada tim pemantau penggunaan mercon di luar batas ketentuan yang diizinnkan oleh Undang-Undang," tegasnya.