Sekitar Kolam Embung Jalan Letjend Suprapto Ditanam Pohon Cempaka Putih

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penanaman pohon Cempaka Putih di sekitar pembuatan kolam embung. Foto: Maulana

Pohon Cempaka Putih yang menjadi tanaman ikonis di wilayah Kecamatan Cempaka Putih akan menghiasi kolam embung yang sedang dibangun, di Jalan Letjend Suprapto, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (27/1). 

Hal tersebut ditandai dengan penanaman 25 pohon Cempaka Putih oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma.

"Alhamdulillah kita bisa menanam pohon-pohon langka ini di sekitar kolam embung yang akan menjadi ikonis dan pengendali banjir di wilayah Cempaka Putih Timur, tinggi pohonnya tiga meter," kata Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari. 

"Rencananya akan ada tiga embung yang akan dibangun yaitu, depan hotel C'one, Holand Village, dan Balai tekstil yang akan menanggulangi antrean air menuju Kali Sunter," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengungkapkan, program ini merupakan salah satu program Pj Gubernur untuk menghijaukan kota Jakarta. 

"Kita akan memanfaatkan aset pemda yang tidak terawat, yang mungkin tidak tertata untuk ditanami pohon-pohon, jadi kita ingin Jakarta menjadi lebih hijau, jadi ini kita lakukan secara serentak dari tingkat kelurahan, kecamatan, maupun di tingkat kota," ungkapnya.

Saat ini, lanjut Dhany, sudah sebanyak 7.773 pohon yang ditanam di Jakarta Pusat. "Dengan program sehari 10 pohon di tiap kelurahan. Jikalau 1 hari 10 pohon di Jakarta Pusat ada 44 Kelurahan berarti sehari 440 pohon, dan program ini akan diteruskan," tutupnya.