Sekko Buka Roadshow Penatausahaan Aset Tahun 2023

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko membuka roadshow Penatausahaan Aset Tahun 2023. Foto: Malik Maulana

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin membuka roadshow Penatausahaan Aset Tahun 2023, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (22/11).

Kegiatan ini diikuti oleh 126 Perangkat Daerah dan UKPD didasari Permendagri Nomor 47 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi dan Pelaporan BMD Keputusan Gubernur Nomor 52 Tahun 2023 tentang Penetapan Inventarisasi bertahap Barang Milik Daerah.

Iqbal mengatakan, akselerasi atau percepatan inventarisasi aset di wilayah Jakarta Pusat terus dilakukan dan harus selesai tepat waktu, menjelang pemeriksaan intern yang dilakukan oleh Badan Pengawas Keuangan (BPK).

"Alhamdulillah pada tahap pertama inventarisasi aset bangunan yang ada di Jakarta Pusat telah selesai 100 persen sekarang kita lanjut tahap berikutnya," ujarnya.

Iqbal berharap respon cepat dari setiap perangkat daerah dan tetap konsisten dalam melakukan akselerasi pendataan aset yang ada di wilayah Jakarta Pusat. "Saya harap para perangkat daerah dan UKPD dapat bertanggung jawab atas penggunaan asetnya serta pengamanannya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Suku Badan (Kasuban) Pengelolaan Aset Daerah Kota Administrasi Jakarta Pusat Faisal Syafruddin menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan pendataan aset yang sebelumnya telah selesai yaitu, aset bangunan dilanjutkan aset tanah.

"Kegiatan ini juga sekaligus untuk mempersiapkan penilaian interim BPK agar para pengurus barang bisa mempersiapkan data dengan baik," tandas Faisal.