Selama Bulan Februari, Sudinsos Jakpus Jangkau 315 PPKS

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Selama bulan Februari 2023 Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Administrasi Jakarta Pusat tercatat sudah menjangkau 315 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

"Tercatat ada 315 PPKS di Jakarta Pusat (Jakpus) yang kita jangkau bersama Satpol PP. Sebanyak 313 dirujuk ke Panti Sosial Insan Bangun Daya 01 Kedoya, Jakarta Barat. Sementara, 2 orang kita rujuk ke Panti Sosial Asuh Anak Putra Utama 01 Klender untuk mendapat pembinaan dan pelatihan," kata Kepala Seksi (Kasie) Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial Sudinsos Kota Administrasi Jakarta Pusat Hendri, Selasa (7/3).

Hendri mengungkapkan, 315 PPKS yang terjangkau terdiri lansia terlantar, gelandangan, pengemis/pengamen, tuna susila, Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan non PPKS.

"Para PPKS sebelum dirujuk ke panti, kita lakukan pendataan terlebih dahulu dan assesmen sesuai kategori," ucapnya.

Menurutnya, kegiatan ini berupaya mengendalikan PPKS jalanan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Sudinsos juga secara intensif melakukan kegiatan pelayanan, pengawasan, dan pengendalian sosial PPKS jalanan, guna memberikan kenyamanan serta keindahan kota.

"Kita akan terus melakukan pemantauan dan penjangkauan, supaya Jakarta Pusat clean and clear dari PPKS," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga dapat ikut serta terlibat dalam pengendalian PPKS ini dengan melaporkan melalui kanal pengaduan resmi Pemprov DKI Jakarta. "Masyarakat bisa melaporkan dan akan ditindak lanjut oleh tim kita," tutupnya.