Sidang Kelompok Musrenbang Kelurahan Kenari, Tiap RW Usulkan Tiga Skala Prioritas

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Sidang kelompok musrenbang Kelurahan Kenari. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Jajaran Kelurahan Kenari bersama unsur dan elemen masyarakat melaksanakan kegiatan sidang kelompok musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang). 

Lurah Kenari Ojoh Juhariyah dalam keterangannya mengatakan, pelaksanaan sidang kelompok ini adalah hasil proses pelaksanaan rembuk RW pada tanggal 6-12 Februari 2023 lalu yang mengasilkan 29 usulan dari 8 RW berkaitan langsung dengan 7 SKPD.

"Alhamdulillah, tadi sudah melaksanakan pembahasan dengan skala prioritas dari masing-masing RW tiga skala prioritas, yang akan dibawa ke tingkat kecamatan dan tingkat kota," ungkap Ojoh, di Aula Kantor Kelurahan Kenari, Jalan Jambrut No.12, RT 7/ RW 2, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Rabu (15/2).

Menurutnya, saat ini usulan yang masih favorit adalah kegiatan fisik yang berkaitan dengan Sudin SDA dan Sudin Bina Marga, selain terdapat juga usulan lain terkait Sudin Pora dan Sudin Perhubungan.

"Kalau dilihat dengan anggaran atau pelaksanaan fisik adanya di SDA. Karena kalau untuk fisik yang kegiatan olahraga ataupun Dishub sifatnya mungkin dengan anggaran yang (masih) bisa terjangkau," terang Ojoh.

Dia pun berharap, dari pelaksanaan sidang kelompok ini semua usulan dapat dikawal ke tingkat kecamatan, wali kota hingga provinsi, yang kemudian dapat terakomodir dan terlaksana.

"Intinya apa yang menjadi usulan dari warga masyarakat dapat sesuai dengan harapan, terlaksana, dan bisa bermanfaat untuk sesama," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Senen Ronny Jarpiko yang hadir dalam musyawarah rencana pembangunan tersebut mengimbau agar semua usulan yang disampaikan bersifat kebutuhan bukan keinginan.

"Kalo berbicara dibutuhkan tidak hanya sekelompok orang, tapi sebagian besar orang membutuhkan, begitu kira-kira. Makanya saya liat dari usulan tadi, mudah-mudahan itu menggambarkan kebutuhan warga Kenari," tutup Ronny.