Siswa PAUD Ikut Field Trip di RW 03 Cempaka Putih Timur

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Siswa-siswi PAUD ikut field trip di RW 03 Kelurahan Cempaka Putih Timur. Foto: Maulana

Field trip merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran di luar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan.

Salah satunya berada di kawasan unggulan, Jalan Cempaka Putih Tengah Raya, RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (13/1).

Sebanyak 20 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tunas Bangsa Jakarta Pusat mengunjungi RW 03 untuk lebih mengenal tanaman secara nyata.

“Jadi ini merupakan program unggulan kami di Kecamatan Cempaka Putih yaitu, field trip untuk anak-anak yang tujuannya agar anak-anak mengenal tanaman secara nyata," kata Bunda PAUD Kecamatan Cempaka Putih Rachmawati.

Menurutnya, para siswa-siswi ini sangat antusias diajarkan cara bercocok tanam dan mengenal tanaman yang ada. “Jadi siswa-siswi tadi diajarkan cara bercocok tanam. Alhamdulillah sangat senang dan bahkan kebanyakan dari mereka ingin kembali lagi kesini untuk bercocok tanam," ungkapnya.

Rachmawati juga berencana akan melibatkan 22 PAUD dan 25 TK di wilayah Kecamatan Cempaka Putih secara bergilir melakukan field trip ke lokasi urban farming yang tersebar di wilayahnya.

Sementara itu, Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari mengungkapkan, kegiatan bercocok tanam ini juga sesuai dengan program Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono terkait penanaman pohon.

“Jadi kegiatan ini selain sejalan dengan program Pj Guebrnur DKI Jakarta, anak-anak ini juga diajak mengetahui pentingnya penghijauan dan manfaat pohon toga," ujar Shinta.

“Ini juga akan menjadi program satu bulan sekali dari PKK Kelurahan Cempaka Putih Timur untuk belajar bercocok tanam," imbuhnya.

Untuk diketahui, anak-anak PAUD Tunas Bangsa selain bercocok tanam juga diajarkan mengenal dan mengetahui manfaat tanaman toga.

Sedangkan untuk tanaman toga yang ditanam tersebut yaitu, jahe, kunyit, dan lidah buaya. Ketiga bibit tanaman tersebut dari Sudin KPKP Jakarta Pusat.