Sudin KPKP Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Pertanian di RPTRA Pandawa

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan pengolahan makanan bolu. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar pelatihan diversifikasi olahan hasil pertanian, di RPTRA Pandawa, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (18/7).

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini agar para peserta dapat mengetahui variasi pengolahan dan penyajian olahan hasil pertanian sehingga, meningkatkan nilai jual, pemenuhan kebutuhan gizi dalam rangka konvergensi penurunan stunting, serta dapat menjadi referensi usaha baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pelatihan ini kebijakan dari Kementerian Pertanian, bagaimana dalam mendukung perkembangan diversifikasi olahan hasil pertanian dari pangan segarnya, cara mengolahnya, menumbuh kembangkan wirausaha, dan juga untuk packaging-nya dan sebagainya," kata Penty.

Untuk itu, lanjutnya, Sudin KPKP juga berkolaborasi dengan narasumber seperti, ACP (Ahli Culinary Professional) Chef Jack dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI).

"Kita berikan narasumber dan praktik langsung oleh chef Jack dengan membuat bolu (Bolu Jakarta, Bolu Pisang, Mocktail Nanas (Monas), dan Tropical Jakarta). Serta PEPI terkait teknologi pengolahan cabai (pembuatan manisan cabai, abon cabai)," terangnya.

Penty berharap, pelatihan diversifikasi olahan hasil pertanian dapat bermanfaat, ditularkan, dikembangkan kepada kerabat maupun di lingkungan masyarakat sekitar.

"Syukur-syukur usai pelatihan ini para peserta bisa membuat usaha baru, bisa menambah inovasi, modifikasi sehingga, mendukung program DKI Jakarta seperti penurunan stunting, peningkatan Jakpreneur, dan sebagainya," harapnya.

Untuk diketahui, pada pelatihan ini diikuti sebanyak 30 peserta dari dua kecamatan, yaitu 15 peserta dari Kecamatan Johar Baru dan 15 peserta dari Kecamatan Cempaka Putih.