Sudin KPKP Gelar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Johar Baru

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan pemberdayaan masyarakat Johar Baru. Foto: Malik Maulana

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan. Kelautan dan Pertanian (Kasudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti membuka pelatihan pemberdayaan masyarakat Johar Baru dari olahan hasil pertanian dan peternakan, di RPTRA Pulo Gundul, Jalan Kramat Pulo Gundul, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Senin  (19/6). 

"Pemberdayaan masyarakat Johar Baru ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan pelatihan membuat makanan dari olahan hasil pertanian dan peternakan serta perikanan yang didukung oleh Sudin KPKP Jakpus, diikuti 30 peserta dari Kecamatan Johar Baru yang terdiri dari empat kelurahan yaitu, Tanah Tinggi, Johar Baru, Kampung Rawa, dan Galur," kata Penty.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan pembekalan bagi warga untuk dapat berkembang dan maju secara ekonomi. "Ini pelatihan pembekalan hari pertama, diajarkan bagaimana usaha itu, bagaimana menjadi wirausaha, dan bagaimana manage. Berikutnya pembuatan olahan dengan bahan dasarnya dari pertanian maupun pertenakan seperti dimsum lele, bola-bola pisang, dan lain sebagainya,” terangnya.

Penty menjelaskan, pelatihan pemberdayaan masyarakat Johar Baru akan ada 16 materi yang disampaikan selama empat hari dari tanggal 19 Juni sampai dengan 22 Juni. Selanjutnya nanti tanggal 27 Juni akan gelar karya dari hasil yang diajarkan di sini dibagi menjadi empat kelompok, nanti peserta menampilkan karyanya dengan inovasi sendiri. 

Penty berharap dengan adanya pembekalan pelatihan ini diharapkan para peserta bisa mandiri minimal bisa menyajikan olahan keluarga seperti, pisang bola-bola untuk bekal anak sekolah yang juga bergizi serta dapat menurunkan tengkes. 

"Selain mengolah makanan bergizi bagi keluarga juga bisa untuk ketahan pangan, menumbuh kembangkan usaha, variasi menu dengan standar pemenuhan gizi, sehat, dan aman serta masyarakat bisa maju secara ekonomi. Peserta tadi juga kita berikan kompor gas, mixer, dan blander,” tutupnya.