Sudin Nakertransgi Gelar Seleksi Pelatihan Satpam

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Seleksi pelatihan menjadi satpam. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas, dan Transmigrasi (P3T) menggelar seleksi pelatihan ketenagakerjaan untuk satpam, di Ruang Serbaguna Besar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/6). 

Kepala Seksi P3T Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Helazurine mengatakan, pelatihan ini hanya diperuntukan bagi warga yang ber-KTP Jakarta Pusat dan total peserta seleksi yang lulus sebanyak 100 peserta.

“Pada hari ini yang mendaftar sekitar 150 peserta, dari situ kita lakukan seleksi di antaranya, tinggi badan, berat badan, tes penglihatan mata, hingga tes wawancara. Selanjutnya setelah tes hari ini selesai, 150 peserta akan mengikuti tes narkoba pada 19 Juni mendatang,” tuturnya. 

Helazurine mengaku, informasi terkait pembukaan pelatihan ini sudah disebar sebelumnya melalui para PIC Kelurahan, media sosial, ataupun hasil usulan musrenbang dan juga usulan saat reses anggota dewan di wilayah Jakarta Pusat.

“Pelatihan akan dilaksanakan selama 15 hari yaitu dari 20 Juni hingga 11 Juli mendatang, dan nantinya setelah mengikuti pelatihan, para peserta akan mendapatkan sertifikat Gada Pratama dari Polda Metro Jaya,” ujarnya.

Helazurine juga berharap dengan adanya pelatihan satpam dan mendapatkan sertifikat Gada Pratama, para warga dapat bekerja sebagai satpam di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga pengamanan.

“Ini sebagai bentuk peningkatan pemahaman bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan, semoga dapat membantu sebagai perluasan lapangan pekerjaan,” tutupnya.