Sudin Parekraf Serahkan 15 Pasang Finalis Abnon ke Wali Kota Jakpus

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sebanyak 15 pasang Finalis Abang None diserahkan ke Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Maulana

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat menyerahkan 15 pasang Finalis Abang None (Abnon) yang diterima langsung secara simbolis oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma untuk diseleksi kembali hingga menjadi tiga besar. 

Penyerahan Abnon dilakukan di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (4/7).

Dhany Sukma mengatakan, pihaknya selalu mendukung penuh pengembangan yang dilakukan oleh narasumber terhadap kemajuan abnon. 

“Hari ini saya terima 15 pasang finalis abnon, mereka saya lihat sudah sangat percaya diri dan telah mengikuti segala pembekalan yang ada, Tentunya dari 15 pasang ini akan diseleksi kembali untuk melahirkan tiga besar juara yang akan ikut ke tingkat Provinsi DKI Jakarta," katanya.

Dhany mengimbau kepada para finalis agar terus manfaatkan momentum, mempersiapkan diri secara individual dengan matang dan baik, serta mengikuti dan meneliti pemahaman lapangan dengan baik untuk kemampuan mengolah mental. 

“Intinya pemahaman lapangan dan kemampuan mengolah mental komunikasi serta wawasan ini menjadi salah satu kunci. Hal ini harus dibarengi dengan sikap perilaku yang harus dikembangkan dengan baik,” terangnya. 

Dhany juga berharap para finalis ini dapat menjadi Duta Pariwisata Jakarta Pusat yang dapat mengikuti perkembangan Jakarta sebagai Kota Global dan menargetkan Jakarta Pusat dapat menjadi juara umum di tingkat provinsi.

“Selama rentang waktu menuju ke September, pemilihan Abnon tingkat provinsi tentu pembekalan-pembekalan meterial itu sudah diberikan oleh para expert termasuk dewan juri, tinggal nanti pengenalan secara empiris ini yang perlu dilakukan. Kalau secara fisik kita sudah tidak ragu dan sudah lebih dari standar. Secara pengetahuan juga sudah digali oleh para dewan juri tinggal pemahaman empiris saja dengan filosofi-filosofi pembangunan kota karena mereka akan menjadi duta Pariwisata perkotaan pasca Jakarta tidak menjadi ibukota, Semangat dan sukses selalu untuk para finalis," katanya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriani mengatakan, penyerahan ke 15 pasang finalis ini kepada Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma sebagai tanda para finalis telah siap 100 persen untuk maju ke tingkat berikutnya. 

“Hari ini mereka kita serahkan ke Pak Wali Kota. Kita sudah siapkan pembekalan untuk mereka, di antaranya public speaking, pemerintahan, transportasi, sejarah dan pariwisata,” katanya.

"Wali kota bersama UKPD yang lain dapat melibatkan abnon untuk kegiatan-kegiatan apapun seperti menjadi duta atau juru bicara dari generasi muda kepada masyarakat," imbuhnya.

Mengenai target yang sampaikan wali kota, Wiwik mengaku, optimis terlebih tahun lalu Jakarta Pusat menyabet tiga selempang.

"Ini harapan dari kita semua bisa enam selempang di tahun ini. Para abnon sudah terjun langsung ke masyarakat sehingga, nanti saat menjawabnya pertanyaan-pertanyaan sudah dengan hati bukan dari hafalan atau pun dari googling, sebab mereka sudah terjun langsung," tandasnya.