Sudin PPKUKM Gelar Bazar Jakarta Enterprenuer di Lapangan Banteng

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat meninjau bazar di Lapangan Banteng. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) menggelar bazar Jakarta Enterprenuer yang berlangsung selama 3 hari hingga Minggu mendatang di Lapangan Banteng Sisi Barat, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang membuka kegiatan bazar tingkat kota mengatakan, ini merupakan bentuk kolaborasi yang menggandeng perguruan tinggi serta Dirjen Pajak Kanwil Jakarta Pusat.

Menurutnya, kegiatan ini dalam rangka menumbuhkan serta mengembangkan kewirausahaan khususnya yang berlokasi di Jakarta Pusat.

“Untuk gelaran yang sekarang ini ada yang berbeda yaitu, bentuk kolaborasi dengan dunia pendidikan yaitu, perguruan tinggi yang ada di Jakarta Pusat,” ujarnya.

“Tadi kita keliling liat-liat, hasilnya cukup bagus memenuhi persyaratan untuk dipasarkan. Selain itu, mereka ini kan anak kampus, anak milenial, jadi bisa memenuhi kebutuhan produk dari anak-anak milenial,” imbuhnya.

Menyoal semakin banyak warga yang menjadi Enterpreneur, Dhany menyambut baik hal tersebut, dirinya berharap perekonomian semakin tumbuh, karena memang kontribusi UMKM bagi pertumbuhan ekonomi cukup besar, lebih dari 50 persen.

“Semoga lapangan pekerjaan kian terbuka untuk para warga khususnya di Jakarta Pusat, tentunya melalui kewirausahaan,” harapnya.

Sementara itu, Kasudin Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat Tienda menambahkan, untuk peserta bazar berjumlah 100 peserta, 80 berasal dari binaan Jakarta Enterprenuer dan Dekranasda Jakarta Pusat, 20 berasal dari Perguruan Tinggi yang ada di Jakarta Pusat.

Dihadirkan mahasiswa sebagai peserta bazar bukan tanpa sebab, Tienda menuturkan bahwa mahasiswa telah mendapatkan mata kuliah mengenai kewirausahaan yang tentunya itu sebagai pelajaran teori, dan di lokasi bazar ini para mahasiswa tersebut mempraktekan apa yang sudah dipelajari di kampus masing-masing.

“Kedepannya kita ada road show, nanti Pak Wali akan turun ke kampus-kampus untuk memperkenalkan Jakarta Enterpreneur Goes to Campus, bukan hanya di tingkat perguruan tinggi saja, kita juga akan merambah ke dunia pendidikan SD, SMP, dan SMA/SMK, sasaran kita para UMKM kantin yang ada di sekolah-sekolah, kita bimbing agar lebih maju baik untuk dagangannya maupun pemasarannya,” tuturnya.

Sebagai informasi, bazar ini berlangsung hingga Minggu (19/11) mendatang, buka pukul 08.00 dan tutup pukul 19.00 WIB.