Sudin Pusip Gelar Dongeng Anak Ceria Bersama Duta Baca Jakarta Pusat

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Dongeng Anak Ceria bersama Duta Baca Jakarta Pusat, di RPTRA Mardani Asri. Foto: Maulana

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) menggelar Dongeng Anak Ceria bersama Duta Baca Jakarta Pusat, di RPTRA Mardani Asri, Jalan Mardani Raya, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Senin (23/10).

Kepala Seksi Perpustakaan Sudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Dedi Santoso mengatakan, dongeng anak ceria merupakan rangkaian dari bulan bahasa dan sastra yang diadakan setiap bulan Oktober.

“Kegiatan akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 23 dan 24 Oktober 2023. Dikuti 60 siswa PAUD pada hari ini Senin (23/10) dan 60 siswa TK se- Kecamatan Cempaka Putih pada Selasa (24/10) besok. Pendongeng dari Duta Baca Jakarta Pusat Kak Cahyo,” katanya.

Menurut Dedi, anak-anak, orang tua, dan pembimbing sangat antusias, senang serta ceria mengikuti kegiatan mendongeng tersebut. 

“Kegiatan mendongeng ini rutin dilakukan Sudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat baik di sekolah maupun di RPTRA. Harapannya dengan media mendongeng dan bercerita anak-anak bisa mengerti pentingnya literasi dan membaca. Kedepannya semoga anak-anak lebih semangat lagi,” tuturnya. 

Di tempat yang sama, Lurah Cempaka Putih Barat Annisa Titisunda mengapresiasi kegiatan tersebut karena terdapat manfaat dalam membudidayakan literasi mendongeng bagi anak di antaranya, meningkatkan kreativitas, menambah wawasan, dan menambah kosa kata. “Kegiatan ini juga menambah ikatan antara siswa dengan orang tua dan siswa dengan guru,” ucapnya.

Dia juga berharap kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan, dan dikemas seinteraktif mungkin. “Semoga kegiatan ini semakin bagus lagi kedepannya dan ini salah satu upaya untuk membudidayakan minat baca. Insya Allah kegiatan ini akan kita rencanakan untuk simultan berlanjut, target berikutnya sasaran adalah bagi guru dan orang tua selain kepada anak. Untuk bisa mendongeng juga dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan," pungkasnya.