Sudinsos Jakpus Siagakan 83 Personel Satgas P3S di Titik Rawan PPKS

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Administarsi Jakarta Pusat menyiagakan 83 personel Satgas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) di titik rawan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

“Ada 35 titik rawan PPKS di wilayah Jakarta Pusat (Jakpus) yang menjadi fokus pengawasan di antaranya, tersebar di lampu lalu lintas Jalan Galur Raya, Pasar Senen, Pasar Poncol, Masjid Istiqlal, dan Pasar Tanah Abang,” kata Kepala Seksi Perlindungan Jaminan dan Rehabilitasi Sudinsos Kota Administrasi Jakarta Pusat Nurlaela, Senin (27/3).

“Selama Ramadan kami menyiagakan 83 personel Satgas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) berikut tiga kendaraan operasional. Kami juga tingkatkan jadwal penjangkauan, monitoring dan mobilitas,” imbuhnya.

Menurutnya, puluhan personel tersebut dibagi dalam tiga shift yang mulai bertugas pukul 06:00-13:00, pukul 13:00-21:00, dan pukul 21:00-04:00.

"Ada delapan Posko P3S yang tersebar di Bundaran HI, Harmoni, Rawasari, Pasar Senen, Galur, Benyamin Sueb, Bivak Terpadu dan Samanhudi," jelasnya.

Nuelaela mengungkapkan, hingga 26 Maret 2023, sedikitnya sudah 63 PMKS yang dijangkau dan dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 di Kedoya, Jakarta Barat. "Di panti mereka dilakukan pembinaan keagamaan dan pelatihan keterampilan," tuturnya.

Dia juga mengimbau kepada warga masyarakat untuk tidak serta merta memberikan sedekah kepada PPKS. Dan disarankan bersedekah ke lembaga atau masjid yang dapat dipertanggungjawabkan. “Dengan upaya ini, PPKS di Jakarta Pusat tidak semakin bertambah," pungkasnya.