Terjadi Penurunan Usulan di Sidang Pleno II Kecamatan Sawah Besar

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Sidang pleno II musrenbang Kecamatan Sawah Besar. Foto: Malik Maulana

Sidang pleno II musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) kecamatan terintergrasi kelurahan Tahun 2023, kembali berlangsung di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Dipimpin Plt Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, menutup sidang pleno II musrenbang Kecamatan Sawah Besar, di aula kantor kecamatan setempat, Selasa (28/2).

Iqbal mengatakan, terjadi penurunan usulan yang awalnya ada 208 usulan pada sidang kelompok wilayah Kecamatan Sawah Besar, menjadi 130 usulan.

"Terjadinya penurunan usulan dikarenakan sebagian usulan bisa dikerjakan di tahun 2023, sebagian lagi menyusul di tahun 2024," katanya.

"Adanya musrenbang membuktikan bahwa partisipasi masyarakat sangat aktif dan peduli terhadap pelaksanaan pembangunan lingkungan di wilayah Jakarta Pusat," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Sawah Besar Prasetyo menambahkan, pada saat sidang kelompok cukup banyak pembahasan terkait verifikasi lapangan maupun koreksi (volume dan lokasi) demikian juga skala prioritas di masing-masing kelurahan.

"Sawah Besar terdiri dari lima kelurahan dan terdapat 49 RW yang terbagi menjadi 537 RT. Dan hampir semua usulan ditunjukan ke Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman. Disusul SDA, Bina Marga, Sudin Perhubungan, Sudin Pora, Sudin Kebudayaan, Sudin Pusip, dan Sudin Pendidikan," jelasnya.

Total keseluruhan usulan, lanjutnya, ada 208 usulan ada beberapa usulan yang belum diakomodir maupun sudah diakomodir pada tahun 2023 sehingga usulan untuk tahun 2024 ada 130 usulan.

"Ada penurunan usulan karena ada yang sudah dikerjakan pada tahun 2023. Total anggaran mencapai 66 miliar lebih di masing-masing SKPD," tandasnya.