Thamrin 10 Jadi Tempat Peringatan Hari Bersih Indonesia dan Hari Peduli Sampah Nasional

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Relawan membawa kantong sampah menelusuri Jalan MH Thamrin. Foto: Andreas Pamakayo

Hari Bersih Indonesia (HBI) adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari serentak di Indonesia, diselenggarakan pada tanggal 19 Februari.

Tujuan Hari Bersih Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan masalah limbah plastik dan sampah, serta mendidik warga supaya lebih peduli terhadap lingkungan. Hari Bersih Indonesia biasa diramaikan dengan aksi gotong royong membersihkan lingkungan masing-masing.

Tahun ini, dalam kegiatan Hari Bersih Indonesia 2023 dan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 (tanggal 21 Februari) diselenggarakan aksi gotong royong yang berlangsung di Thamrin 10, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/2).

Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, urusan sampah bukan urusan sepele. Perhari ada 7.500 ton sampah, jika tidak diatasi maka sampah akan menjadi sebuah masalah yang serius. 

"Urusan sampah, sebuah urusan yang mulia sekali bagi warga dan masyarakat Jakarta. Insya Allah, pada hari peduli sampah bisa menghasilkan sebuah kebijakan mulia ke depan bagi kita khususnya di Jakarta," jelasnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto menambahkan, acara ini untuk mengedukasi masyarakat agar dapat mengelola sampah dengan baik. "Saya berharap acara tersebut dapat menjadi pengingat bagi seluruh elemen masyarakat agar mulai serius dalam penanganan sampah," ujarnya.

Untuk diketahui, Hari Peduli Sampah Nasional adalah sebuah peringatan atas terjadinya tragedi ledakan TPA Leuwigajah di Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005. Tragedi ini menewaskan ratusan orang yang mungkin sedang tertidur saat terjadinya tragedi pada dini hari.

Setiap tahunnya, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati pada tanggal 21 Februari untuk menjadi refleksi timbulan sampah yang dihasilkan setiap harinya dan sudah sampai mana upaya setiap lapisan masyarakat untuk mengelola timbulan sampah tersebut.

Jumlah relawan yang berpartisipasi lebih dari 500 orang, tergabung dalam berbagai macam pihak. Ada beberapa start up dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD yang hadir di sini. Seperti ada PALYJA dan Sarana Jaya. 

Para relawan membawa kantong sampah menelusuri Jalan MH Thamrin hingga Bundaran HI melaksanakan bersih-bersih sampah pada car free day.