Tim Penilai Verifikasi Lapangan Proklim Tingkat Provinsi Kunjungi RW 02 Kelurahan Pasar Baru

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Tim Penilai Verifikasi Lapangan Proklim meninjau tanaman di depan rumah warga Pasar Baru. Foto: Malik Maulana

Wakil Camat Sawah Besar Devi Riana Sumanthi didampingi Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Pasar Baru Nunung Nuryani menerima kunjungan Tim Penilai Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Provinsi/Madya Tahun 2023, di Pos RW 02, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (7/9).

Wakil Camat Sawah Besar Devi Riana Sumanthi mengatakan, kedatangan tim verifikasi proklim dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta ke RW 02 Pasar Baru ini bertujuan untuk mencocokan kesesuaian data-data yang sudah dikirimkan ke Dinas Lingkungan Hidup (LH) dengan di lapangan untuk menjadi penilaian proklim di Tingkat Provinsi/Madya. 

“Tujuan kampung iklim ini kan diharapkan bisa mengubah pola hidup keseharian masyarakat. Dan tadi dilakukan verifikasi pada bank sampah, terus juga ada urban farming, ada titik-titik biopori di rumah-rumah warga, dan juga ada rumah maggot. Jika nanti kesesuaiannya sudah sama atau nilainya lebih tinggi, bisa diusulkan dalam penilaian proklim di tingkat nasional,” ujarnya.

Devi mengaku optimis RW 02 Pasar Baru bisa melaju ke tingkat provinsi karena melihat warga yang sangat antusias untuk bersama-sama menjaga kelestarian, kehijauan, dan kepeduliannya terhadap lingkungan. 

“Saya optimis karena di tengah-tengah perkotaan ada warga atau lingkungan yang tetap menjaga kelestariannya, kehijauannya, kepeduliannya terhadap lingkungan. Saya untuk RW 02 Pasar Baru optimis untuk bisa maju ke tingkat nasional,” ucapnya. 

Devi pun berharap, dengan atau tidak adanya proklim ini, warga atau khususnya generasi muda semakin semangat untuk mempertahankan dan menjaga lingkungan serta terus menciptakan atau membuat inovasi baru untuk kelestarian lingkungan.

“Apalagi kondisi saat ini kan udara di Jakarta sedang tinggi polusinya. Mungkin dengan nanti ditingkatkannya semangat warga ataupun poktan untuk menjaga kelestarian lingkungannya bisa menambah segar, hijau, dan indah lingkungan yang ada di Jakarta,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Kordinator Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Budi Kristina mengatakan, ada tiga kategori yang akan dinilai pada verifikasi proklim kali ini yaitu, aksi adaptasi, mitigasi, dan juga kelembagaan. 

Alhamdulillah kita sudah lakukan pembinaan tingkat kota terkait dengan proklim beberapa waktu lalu dan kita sudah liat kondisinya. Warganya sangat antusias dan kompak saat di tingkat kota. Dan ternyata saat proklim di tingkat provinsi pun lebih semangat lagi,” ujarnya.

Kristina menuturkan, dalam proklim tingkat provinsi ini terdapat enam lokasi di wilayah Jakarta Pusat dari 26 lokasi di DKI Jakarta yang masuk usulan ke Dinas LH, di antaranya RW 02 Pasar Baru, RW 02 Menteng, RW 02 Harapan Mulya, RW 07 Paseban, RW 12 Cempaka Putih Barat, dan RW 03 Kampung Bali.

“Mudah-mudahan keenam lokasi ini berhasil masuk ke tingkat provinsi. Selanjutnya, akan kita persiapkan untuk menuju ke tingkat nasional,” tutupnya.