Wali Kota Berdialog dengan Masyarakat Dalam Serap Aspirasi Meningkatkan Pelayanan

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Serap aspirasi warga di Kecamatan Johar Baru. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, serap aspirasi warga merupakan salah satu tugas fungsi dari dewan kota dalam penyelenggaraan pembangunan dan peningkatan pelayanan masyarakat.

Demikian dikatakan Dhany Sukma saat membuka acara Serap Aspirasi Warga Dewan Kota Jakarta Pusat, di Aula Kantor Camat Johar Baru, Rabu (31/5).

"Secara akademik dewan kota itu merupakan lembaga musyawarah pada tingkat kota untuk peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan dan peningkatan pelayanan masyarakat," ucapnya, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Untuk itu, lanjut Dhany, serap aspirasi warga sangat diperlukan agar pemerintah dapat mengetahui kebutuhan warganya.

"Sebagai sebuah pemerintahan daerah yang mau kita lihat adalah nilai-nilai publik, berbicara nilai-nilai publik maka akan berbicara kebutuhan masyarakat. Nilai-nilai publik yang dimaksud adalah keadilan, kesejahteraan, kenyamanan, pendidikan, dan kesehatan," katanya.

"Jadi kita ingin yang dibangun di sini adalah semangat kebersamaan di antara kita, bahwa kita merupakan bagian dari entitas pemerintahan yang satu sama lain saling melengkapi," jelasnya. 

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Dewan Kota Jakarta Pusat Nasirman Chaniago menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyambung tali silaturahmi dan memperlancar alur aspirasi dari warga.

"Kita rancang acara ini agar masyarakat dapat berbicara apa adanya ke Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dengan harapan apa yang disampaikan bisa di diskusikan," jelasnya.

Menurut Nasirman, serap aspirasi ini adalah kegiatan yang ideal karena dihadiri oleh perwakilan masyarakat seperti, para ketua RW, LMK, FKDM, serta dari tingkat pemkot dihadirkan pula para kasudin dan kasatpel.