Wali Kota Buka Kegiatan Atraksi Seni Kreatif dan Bazar UMKM di Museum MH Thamrin

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan atraksi seni kreatif dan budaya, di Museum MH Thamrin. Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) menggelar kegiatan atraksi seni kreatif dan budaya, di Museum MH Thamrin, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6) pagi.

Sebelum memasuki museum, wali kota dan Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah langsung dihadang palang pintu yang menampilkan atraksi pencak silat khas Betawi dan juga adu balas pantun. 

Dilanjutkan dengan mengunjungi area pameran yang berjudul 'Jejak Memori MH Thamrin dan Kisah Lain dari Senen'. Dalam kunjungannya, Dhany Sukma dan Ucu Jamilah ikut berpartisipasi menulis harapannya masing-masing untuk Senen dan Kota Jakarta dalam lembaran kertas berwarna yang ditempelkan ditembok.

Dhany Sukma mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menyemarakan HUT Kota Jakarta ke-496, dan kali ini diselenggarakan di museum yang bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu Museum MH Thamrin.

"Alhamdulillah pada pagi ini, kita bisa hadir di dalam museum yang bersejarah terletak di tengah-tengah pemukiman warga namun, memiliki banyak sejarah penting bagi bangsa Indonesia pada masa Kemerdekaan silam. Tentunya sosoknya juga sangat berjasa yaitu Mohammad Husni Thamrin atau MH Thamrin," kata Dhany.

Baca Juga:

Meriahkan HUT Jakarta, Sudin Parekraf Akan Gelar Atraksi Seni di Museum MH Thamrin

Dhany menjelaskan bahwa Kota Jakarta Pusat ini merupakan kota pergerakan sekaligus berperan penting dalam Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kita harus berbangga berada di Jakarta Pusat, artinya Jakarta Pusat ini merupakan kota pergerakan, kota persatuan, dan kota kemerdekaan.  Sekaligus bisa meneladani sosok MH Thamrin yang memiliki nilai-nilai kepedulian yang tinggi, perjuangannya, komitmennya untuk bangsa, dan negara," jelasnya.

Dhany juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini selain untuk memeriahkan HUT Kota Jakarta, bisa untuk menghidupkan perekonomian UMKM yang ada di sini, juga sebagai sarana edukasi, dan mengenalkan sejarah bangsa Indonesia kepada warga, masyarakat, anak serta cucunya.

"Karena museum MH Thamrin berada di tengah-tengah pemukiman warga, mudah-mudahan dapat meningkatkan perekonomian UMKM, dan menghibur warga serta bisa mengedukasi bagi anak-anak yang datang," ujarnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriyani menuturkan, acara ini juga bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pelaku ekonomi dan UMKM Jakarta Pusat agar bisa meningkatkan perekonomiannya.

"Adannya pameran dan bazar di sini juga dalam rangka membentuk sinergi Pemkot Administrasi Jakarta Pusat kepada masyarakat, dan diharapkan masyarakat juga tumbuh rasa memiliki terhadap museum ini," jelasnya.

Kegiatan Seni kreatif yang bertajuk "Center Of Art Creative City" atau "CoACtive City" ini menghadirkan beberapa penampilan seni seperti, Tarian Cing Pas dari sanggar seni Reswara Budaya Indonesia, Penampilan Ajul Jiung, Ary dari Grup Band Goliath, dan menghadirkan stan UMKM, dan binaan Jakpreneur Jakarta Pusat yang terdiri dari PKK Jakarta Pusat, Omah Rendang & Hyrae, Jakarta Cheese Factory, Kopi Brew Nusantara, Local Ferment & Kaiva.

Turut Hadir dalam kegiatan ini, Inspektur Pembantu Kota (Irbanko) Kota Administrasi Jakarta Pusat Nirwan Nawawi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriyani, Kepala Suku Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kota Adm Jakarta Pusat Irwan Septinadi, Camat Senen Ronny Jarpiko, Camat Gambir Andri Ferdian, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, Lurah Kwitang Rama Permana Bahri, Sri Kusumawati, dan Plh Kepala Pengelola Museum M.H Thamrin beserta jajaran.