Wali Kota Distribusikan Bansos PKD Kepada 560 Orang di RPTRA Pulo Gundul

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Pendistribusian bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Tahun 2023 di RPTRA Pulo Gundul. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mendistribusikan bantuan sosial (bansos) Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Tahun 2023, di RPTRA Pulo Gundul, Jalan Kramat Pulo Gundul RT 005/013, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Selasa (22/8).

Dhany Sukma mengatakan, pendistribusian bansos PKD bagi masyarakat yang masuk dalam kelompok sasaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terutama pada kelompok lanjut usia (lansia), penyandang disabilitas, dan anak.

“Untuk di RPTRA Pulo Gundul total ada 560 orang yang menerima kartu berupa kartu lansia Jakarta (KLJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ) dan, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ),” katanya, Selasa (22/8).

Menurutnya, para penerima manfaat akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp300 ribu perbulan selama enam bulan atau Rp1,2 juta per tahun. Pendistribusian ditargetkan rampung sampai 2 Oktober 2023.

Dhany berharap dengan pendistribusian ini penerima manfaat menjaga kartu termasuk PIN sehingga, tidak ada penyalahgunaan.

“Harapan lainnya bantuan ini dapat membangun kesetaraan dan tidak ada diskriminasi baik itu lansia, anak, dan disabilitas. Semua punya hak yang sama untuk menikmati kehidupan secara normal,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administrasi  Jakarta Pusat Abdul Salam menambahkan, apabila Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berhalangan hadir dapat diwakilkan dengan catatan perwakilan merupakan keluarga sendiri, kemudian membawa surat kuasa.

“Untuk Jakarta Pusat tahun 2023 ini total KPM di Jakarta Pusat, mencapai 33.982 orang dengan rincian 29.242 pemegang KLJ, 1.993 untuk KAJ, dan 2.747 pemegang KPDJ,” pungkasnya.