Wali Kota Jakpus Ajak Warga Memiliki Minat dan Daya Baca Tinggi

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Hanny Magang

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, saat ini minat baca saja belum cukup, tapi harus diimbangi dengan kemampuan daya membacanya pula yang harus ditingkatkan.

Hal tersebut dikatakan Dhany Sukma saat memberikan sambutan saat pengukuhan Bunda Literasi, Duta Baca, dan Apresiasi Peserta Terpilih Baca Jakarta, yang berlangsung di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (20/3). 

“Minatnya ada, tapi pas membaca satu sampai dua lembar sudah ngantuk dan jenuh. Ini artinya daya bacanya yang harus ditingkatkan,” ucapnya.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan, lanjut Dhany yaitu, dengan mengangkat Bunda Literasi dan Duta Baca sebagai stimulus untuk menggiatkan kembali kesadaran membaca.

“Tadi kita saksikan pengukuhan Bunda Literasi yaitu Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat, ini yang menjadi kelompok sasarannya adalah keluarga, kita harapakan keluarga yang ada di Jakarta Pusat memiliki spektrum yang sama untuk memiliki minat, dan daya baca yang cukup tinggi,” tegasnya.

Menurutnya, bagi yang punya daya baca dan tingkat pengetahuan tinggi, setidaknya dapat beradaptasi dengan lingkungan baru berkat pengetahuan yang dimilikinya. Selain itu, dampak positifnya yang lainnya, lebih bijak untuk memilah mana informasi yang baik dan buruk, tidak mudah menyebarluaskan informasi yang belum tentu kebenarannya. Sehingga, dapat menjaga stabilitas kehidupan sosial bermasyarakat. 

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kasudin Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwansyah mengungkapkan, tujuan dari pengukuhan Bunda Literasi dan Duta Baca adalah untuk mempercepat terwujudnya kota yang maju, makmur, adil, dan sejahtera sesuai visi misi Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“Untuk Bunda Literasi terpilih Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, sedangkan untuk duta baca terpilih Mas Cahyo sebagai orang yang konsen dalam hal literasi di Jakarta Pusat,” katanya.

Sebagai informasi, selain pengukuhan, diserahkan pula penghargaan untuk 10 peserta terpilih Baca Jakarta Triwulan 1 yang berasal dari lingkungan sekolah serta umum, sebagai bentuk apresiasi, kesemuanya mendapatkan bingkisan dan sepeda.