Wali Kota Terima Audiensi BPJS Kesehatan

Reporter: Alya/Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerima audiensi dengan BPJS Kesehatan. Foto: Angga Rizkyanda

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerima audiensi dengan BPJS Kesehatan membahas terkait kepesertaan seluruh warga menjadi peserta JKN aktif.

Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Tamu Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (9/5).

"Pertemuan ini untuk bersilaturahmi dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat sekaligus membahas terkait kepesertaan seluruh warga Jakpus menjadi peserta JKN aktif," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jakarta Pusat Herman Dinata Mihardja.

"Kalau kita lihat dari data, masih ada kurang lebih 28.000 yang memang belum jadi peserta. Sehingga, kami meminta bantuan dari Pemkot Administrasi Jakarta Pusat untuk pemadanan data," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menegaskan bahwa akan terus cross check data di setiap bulannya dan menegaskan pula perlunya keselarasan antara keluarga sejahtera (Kestra), Dukcapil, dan BPJS.

"Terkait masalah data BPJS, untuk lebih meningkatkan cakupan Universal Health Coverage (UHC) nya, jadi semua warga Jakarta Pusat kita yakinkan sudah memiliki jaminan kesehatan BPJS. Pertemuan ini menghasilkan satu kesepakatan diadakannya pertemuan setiap bulan untuk melakukan updating data BPJS. Kestra, BPJS, Dukcapil, tidak boleh pisah," tuturnya.

Disamping itu, lanjutnya, akan adanya program screening dengan tools untuk mendeteksi penyakit pada individu yang sifatnya promotif preventif.

"Jadi screening ini intinya semacam mendeteksi. Sehingga, kalau ada resiko penyakit, langsung diperiksa lebih lanjut, supaya ketauan sakitnya dari awal. Kemudian bisa diobati lebih dini," ucapnya

Dhanny menyarankan, agar program BPJS promotif dan preventif ini dengan melakukan screening kesehatan di sekolah-sekolah dan disinkronkan juga dengan program dari dinas kesehatan terkait dengan pos binaan terpadu di tiap-tiap RW.

"Ini akan ditindaklanjuti di outputnya dengan rapat koordinasi terkait teknis pelaksanaan nanti baik di sekolah maupun di Pos Bindu," tambahnya.

Dhany juga berharap, pelayanan BPJS semakin meningkat sehingga, masyarakat semakin sehat.